Hewan yang Dulu Sempat Dijadikan "Kelinci Percobaan" Sekarang Bisa Diapdopsi
Foto: Bored Panda

Hewan yang Dulu Sempat Dijadikan "Kelinci Percobaan" Sekarang Bisa Diapdopsi

Sabtu, 21 Mar 2020 | 14:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Semakin banyak orang yang sadar dengan dampak produk yang dibeli oleh mereka kepada lingkungan, maka kita menjadi lebih sering untuk memerhatikan bahan serta bagaimana cara sebuah produsen melakukan test produk. Belakangan ini, banyak masyarakat yang memerhatikan merek apa saja yang menggunakan binatang menjadi hewan, dan untuk mengikuti kebijakan pemerintah banyak perusahaan yang akhirnya berhenti melakukan test pada binatang.

Badan BPOM Amerika Serikat (FDA) saat ini membuat keputusan baru, di mana hewan-hewan yang dulu sempat menjadi “kelinci” percobaan dan masih dalam kondisi sehat, dapat diadopsi oleh publik. Sebelum peraturan ini dibuat, hewan-hewan tersebut biasanya akan mengalami eutanasia.

Dilansir dari Bored Panda, juru bicara FDA Monique Richard mengatakan bahwa peraturan ini sudah ada sejak November tahun lalu. Hewan-hewan yang dapat diadopsi di antaranya anjing, kucing, marmot, dan beberapa hewan ternak lainnya.

hewan yang telah digunakan untuk test produk, sekarang bisa diadopsi
hewan yang telah digunakan untuk test produk, sekarang bisa diadopsi

"Ya, semua spesies dilindungi," kata Richards kepada Green Matters dalam sebuah wawancara. "Manajemen program hewan, Komite Perawatan dan Penggunaan Hewan Institusional, dan menghadiri dokter hewan di setiap program hewan FDA menggunakan keahlian profesional mereka untuk memutuskan kelayakan dan penempatan yang tepat." Sayangnya, kebijakan tersebut hanya mencakup hewan yang dianggap sehat setelah pengujian dilakukan, sehingga setiap hewan yang dalam kondisi kesehatan yang buruk akan tetap mengalami eutanasia.

Richards juga berkomentar bahwa FDA dan 13 lembaga federal lainnya terlibat dalam Komite Koordinasi Antar Lembaga untuk Validasi Metode Alternatif (ICCVAM), yang tujuannya adalah untuk secara bertahap menghapus pengujian hewan dan menggantinya dengan metode pengujian non-hewan sesegera mungkin.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...