Hidangan Penutup, Sebaiknya Makan Roti Saja

Hidangan Penutup, Sebaiknya Makan Roti Saja

 Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Diabetes Care menemukan manfaat roti usai mengonsumsi hidangan utama. Dikatakan dalam penelitian tersebut, mengonsumsi roti untuk dessert (cuci mulut) ternyata bisa menurunkan gula darah.

Hal ini diketahui lewat studi kecil yang melibatkan 11 orang. Mereka diminta untuk mengonsumsi dessert berkabohidrat seperti ciabatta roll usai mengonsumsi ayam panggang, sayur, dan salad. Hasilnya, gula darah rata-rata turun 30 persen dari biasanya.

Salah satu peneliti, Alpana Shukla menjelaskan ini bisa terjadi karena penyerapan karbohidrat lebih lambat ketika sebelumnya diisi protein dan sayur. Karena itu karbohidrat tak cepat berubah menjadi gula.

Konsumsi roti juga meredam keinginan makan berlebihan. Bahkan bisa membantu diabetesi (penderita diabetes) untuk menjaga gula darah tanpa terlalu mengandalkan obat-obatan.

Tak cuma roti, menjadikan karbohidrat lain sebagai penutup seperti pasta atau nasi pun akan mendapatkan hasil yang sama. Asal dibuka dengan menu sehat kaya protein dan serat