Hidung Iritasi Saat Pilek? Ini Cara Mengatasinya
ilustrasi

Hidung Iritasi Saat Pilek? Ini Cara Mengatasinya

Minggu, 4 Agt 2019 | 12:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Keluhan yang kerap muncul saat flu dan pilek ternyata bukan hanya sebatas bersin-bersin, hidung tersumbat, dan kepala nyut-nyutan saja. Pernahkah muncul iritasi pada kulit hidung Anda karena ulah pilek maupun flu ini? Bahkan, biasanya iritasi di kulit hidung bisa bertahan sampai serangan pilek dan flu selesai. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini agar tidak semakin parah?

Kenapa hidung bisa iritasi saat pilek dan flu?

image0

Seorang dokter kulit asal New York, Johua Zeichner, MD, mengungkapkan alasan di balik iritasi pada kulit hidung karena pilek dan flu. Menurutnya, salah satu alasan utama yakni karena tenaga yang terlalu kencang saat sedang mengeluarkan ingus.

Setelah berhasil mengeluarkan ingus atau cairan hidung, tentu Anda akan menyekanya dengan tisu atau saputangan, bukan? Nah, di saat itulah tanpa sadar mungkin Anda menggunakan tenaga yang berlebihan, sehingga menyebabkan iritasi pada kulit hidung.

Itu sebabnya, kulit di sekitar hidung biasanya mengalami iritasi, perih, hingga berwarna kemerahan karena pilek dan flu. Selain karena kebiasaan tersebut, mengalami rhinitis alergi juga bisa menjadi penyebab lain timbulnya iritasi pada hidung karena pilek dan flu.

Rhinitis alergi adalah peradangan pada lapisan rongga hidung, karena masuknya alergen sehingga menimbulkan reaksi alergi. Kondisi ini tidak berlangsung terus-menerus, dan biasanya hanya terjadi di waktu-waktu tertentu saja.

Penyebab alergi (alergen) tersebut bermacam-macam. Mulai dari bulu hewan, kotoran hewan, serbuk sari tanaman, bunga, tungau, serta debu.

Gejala yang muncul karena rhinitis alergi mirip seperti ketika Anda sedang mengalami pilek dan flu, yang juga dapat menimbulkan iritasi pada hidung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...