Hidung Meler di Udara Dingin? Ini Penyebabnya

Rusmanto
Rusmanto

Hidung Meler di Udara Dingin? Ini Penyebabnya ilustrasi

Winnetnews.com -  Hidung meler biasanya disebabkan sakit flu atau pilek. Menariknya, kondisi ini juga bisa dipicu ketika Anda kedinginan dalam waktu yang lama, meski tidak sedang sakit. Lantas, kenapa ya, hidung bisa meler saat terpapar udara dingin? Simak penjelasan ilmiahnya dalam ulasan berikut.

Penyebab hidung meler saat udara dingin

Hidung meler alias berair adalah salah satu gejala paling khas dari penyakit flu dan pilek. Namun bagi sejumlah orang, hidung meler bisa muncul karena paparan udara dingin.

Dalam istilah medis kondisi ini dikenal dengan rhinitis vasomotor, yaitu jenis rhintis non-alergi yang disebabkan oleh perubahan suhu dan kelembapan udara.

Jadi begini, udara dingin dan kering dapat mengiritasi lapisan hidung, yang kemudian menyebabkan pembuluh darah di membran hidung membengkak. Akibatnya, kelenjar hidung akan menghasilkan lebih banyak lendir mukus supaya lapisan hidung tetap lembap. 

Di sisi lain, hidung Anda meler akibat cuaca dingin adalah suatu fenomena yang mirip kondensasi. Udara yang Anda hirup adalah udara yang dingin. Kemudian tubuh Anda menghangatkan udara tersebut dan menghembuskannya sebagai udara yang hangat dan lembab.

Ketika kedua udara yang berlainan suhu ini bertemu, titik-titik air terbentuk, dan mengalir keluar hidung Anda bersama dengan lendir mukus (ingus).

Apa Reaksi Kamu?