Hidup Selama 30 Tahun, Wanita ini Baru Tahu Dirinya Seorang Pria
Ilustrasi. Foto: Unsplash/Soragrit Wongsa

Hidup Selama 30 Tahun, Wanita ini Baru Tahu Dirinya Seorang Pria

Senin, 29 Jun 2020 | 13:47 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Seorang wanita selama 30 tahun hidupnya menjalani kesehariannya sebagai seorang perempuan, tanpa ada masalah apapun. Hingga akhirnya baru-baru ini, saat pergi ke dokter untuk memeriksa perutnya yang sakit, ia baru mengetahui kalau dirinya adalah seorang pria.

Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan kalau dirinya mengidap kanker testis. Mengutip India Times, ia awalnya merasakan sakit di perut bagian bawah. Kemudian ia pun pergi ke Netaji Subhas Chandra Bose Cancer Hospital dan menjalani pemeriksaan oleh ahli onkologi klinis Dr Anupam Dutta, serta ahli onkologi bedah, Dr Soumen Das.

Setelah menjalankan pemeriksaan, dia pun didagnosis mengalami Androgen Insensitivity Syndrome. Sebuah kondisi seseorang yang terlahir sebagai laki-laki, namun memiliki sifat dan fisik seorang perempuan.

“Dari penampilannya, dia seorang wanita. Mulai dari suara, pertumbuhan payudara, alat kelamin eskternal normal, semuanya adalah milik seorang wanita. Namun, rahim dan indung telur tidak ada sejak lahir. Dia juga tidak pernah mengalami menstruasi,” jelas Dr Dutta.

Kondisi ini sangat langka dan hanya ditemukan sekitar 22.000 orang yang mengalaminya. Tak hanya dirinya, sang adik yang berusia 28 tahun dan menjalani tes yang sama, ternytaa juga mengidap kelainan yang sama.

Dokter pun kemudian melakukan tes lanjutan, yakni Karyotyping. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa kromosom wanita tersebut ‘XY’, bukan ‘XX’ seperti wanita pada umumnya.

“Kami melakukan pemeriksaan klinis setelah dia mengeluh sakit perut, dan mengetahui bahwa ternyata dia memiliki testis di dalam tubuhnya. Biopsi dilakukan, setelah itu dia didiagnosis menderita kanker testis, juga disebut seminoma,” jelas Dutta.

Saat ini, kondisi kesehatan wanita tersebut diketahui stabil dan ia pun sedang melakukan kemoterapi untuk kankernya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...