Hikayat Hagia Sophia yang Dibangun Nabi Sulaiman AS bersama Para Jin dan Manusia
Bangunan Hagia Sophia yang kini menjadi masjid menyimpan banyak mitos bagi kalangan umat Kristiani maupun Muslim. (Foto: Financial Times)

Hikayat Hagia Sophia yang Dibangun Nabi Sulaiman AS bersama Para Jin dan Manusia

Jumat, 17 Jul 2020 | 09:30 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Hagia Sophia yang dialihfungsikan dari gereja, museum, hingga menjadi masjid pada 13 Juli 2020 rupanya menyimpan kisah mitos yang melegenda baik di kalangan umat Kristiani maupun umat Muslim di Eropa khususnya.

Dilansir dari Republika, Jumat (17/7),  portal daring Arabicpost menyebutkan, mitos pertama yang diyakini masyarakat Nasrani di Istanbul, Turki perihal bangunan asli Hagia Sophia dibangun Nabi Sulaiman AS beserta para asistennya dari kalangan jin, manusia, serta pembesar kawasan tersebut kala itu.

Pada masa itu, Nabi Sulaiman AS menginstruksikan para asistennya tersebut untuk mengambil marmer terbaik dari Jabal Qaf yang fondasinya digali sedalam 70 meter yang kemudian dilapisi emas.

Tak hanya mitos itu saja. Umat Kristiani juga mempercayai Hagia Sophia memiliki 361 pintu, yang di antaranya terdapat 101 pintu dengan mantra sihir. Jika ada yang menghitungnya sekuat tenaga tak akan mampu dan kembali pada hitungan awal.

Mitos lain adalah salah satu pintu dari pintu itu terbuat dari kayu yang sama bahan pembuatan perahu Nabi Nuh. Kayu tersebut berasal dari pohon di Gunung Cudi Tenggara Turki. 

Sementara itu, mitos yang muncul terkait Hagia Sophia dari kalangan Muslim, terutama Muslim Turki adalah kehadiran Nabi Khidhir AS, hadir saat Muhammad Al-Fatih atau Mehmed II melakukan sholat Jumat pertama kali di dalam bangunan ini. 

Khidir disebut hadir di tengah-tengah jamaah sholat ketika itu untuk meluruskan posisi kiblat yang semula tak mengarah ke Ka’bah Masjidil Haram di Makkah.

Selain itu pula, mitos lain adalah kubah Hagia Sophia pernah naik ke atas di saat kelahiran Nabi Muhammad SAW dan tetap begitu selama beberapa tahun. 

Hingga akhirnya datanglah Khidhir dan diperbaiki kubah tersebut menggunakan campuran air zam-zam. Kisah-kisah mitos itu banyak dirangkum dalam buku ‘Asathir Hagia Sophia” karangan Dr Farhat Ashlan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...