Hikmahanto sebut Arcandra tak punya negara, perlu solusi

Hikmahanto sebut Arcandra tak punya negara, perlu solusi

Senin, 15 Agt 2016 | 22:38 | Rike
WinNetNews.com - Baru saja Arcandra Tahar diberhentikan dari posisi Menteri ESDM. Arcandra juga kini miliki masalah kewarganegaraan. Dia berstatus tidak memiliki negara.

"Iya, benar. Ada aturannya. Kalau Anda googling lost US nationality, nanti akan disebutkan alasan-alasan penyebab kehilangan warga negara AS, salah satunya adalah menerima jabatan di Pemerintahan negara lain," ucap Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana saat dihubungi, Senin (15/8/2016). Arcandra mempunyai dua paspor, Indonesia dan Amerika Serikat. Peraturan di Indonesia, WNI kehilangan statusnya bila menjadi warga negara lain. Arcandra sudah menerima paspor Amerika Serikat, sehingga kehilangan status WNI-nya.

Di sisi yang berbeda, Arcandra menerima jabatan Menteri ESDM yang ditawarkan Pemerintah Indonesia. Dalam aturan Amerika Serikat yang dikutip dari www.newcitizen.us, warga negara AS kehilangan kewarganegaraannya salah satunya disebabkan holding a policy level position in a foreign country, atau menjadi pejabat di negara lain."Ini masalah dilematis untuk Pak Arcandra, ya jadi stateless, tidak berkewarganegaraan. Sudah hilang WNI, di sisi lain warga negara Amerikanya gugur, harus dipikirkan bagaimana caranya keluar dari situasi ini," ungkap Hikmahanto.

Hikmahanto mengatakan kasus Arcandra ini langka, mungkin pertama kalinya di Indonesia. Dia juga belum punya pandangan soal solusi yang dapat diambil oleh Arcandra.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...