(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hilang Paspor Ketika Berlibur, Apa Yang Harus Dilakukan?

Liani
Liani

Hilang Paspor Ketika Berlibur, Apa Yang Harus Dilakukan?
WinNetNews.com - Ketika jalan-jalan ke luar negeri, paspor merupakan barang penting. Tidak boleh tertinggal di sembarang tempat, apalagi sampai hilang.

Paspor menjadi kunci Anda keluar masuk suatu negara. Bila paspor mendadak hilang ketika sedang berlibur, apa yang harus dilakukan?

1. Jangan panik

Pada waktu Anda mengetahui paspor hilang, jangan panik. Sikap panik justru akan membuat situasi semakin kacau. Tenangkan diri Anda.

2. Cek ulang tempat yang telah dikunjungi

Telusuri tempat-tempat yang Anda kunjungi sebelum Anda menyadari paspor telah hilang. Ada kemungkinan paspor tercecer di antara tempat tersebut.

3. Lapor polisi

Bila tak kunjung menemukannya segera lapor kepada polisi terdekat. Polisi akan memberikan Anda surat yang menyatakan bahwa Anda kehilangan paspor.

4. Pergi ke kedutaan

Setelah itu, Anda harus langsung menuju ke kantor kedutaan Indonesia di negara tersebut untuk permohonan pembuatan paspor baru. Mungkin sedikit lama untuk prosesnya, tapi Anda bisa menunggu atau meminta surat resmi terkait paspor Anda yang hilang.

5. Jadwal ulang penerbangan

Setelah tahu paspor hilang, segera jadwal ulang penerbangan Anda.

6. Selalu fotokopi paspor

Sebelum mulai traveling, Anda harus punya salinan atau fotokopi paspor. Ini untuk berjaga-jaga saat Anda kehilangan. Fotokopi tersebut sangat berguna untuk membuat paspor baru dengan cepat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});