Hilang Sepeda Motor Akan Diganti Jika Salat di Masjid ini

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Hilang Sepeda Motor Akan Diganti Jika Salat di Masjid ini

Winnetnews.com - Kejadian seperti sandal yang hilang sering kali ditemui di masjid. Namun, hal yang berbeda datang dari masjid ini, para jemaah yang melakukan ibadah di masjid tersebut menjadi tanggung jawab pengurus masjid. Misalnya saja ada terjadinya kehilangan sandal, mereka akan menggantinya. Tak hanya itu, pengurus masjid juga bersedia mengganti kehilangan sepeda motor yang dialami jamaah di masjid tersebut.

Sumber foto: tempo.co

Tempat beribadah tersebut bernama Masjid Jogokariyan di Kampung Jogokariyan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Saat ditanya perihal tersebut, pengurus masjid akui bahwa mereka sudah bersepakat bila adanya kehilangan barang ketika jamaah sedang mengikuti kegiatan di masjid, pengurus masjid akan mengganti dengan barang atau uang yang jumlahnya setara dengan barang yang hilang tersebut. Barang pun bisa berupa sandal, sepeda, dan bahkan sepeda motor.

“Sebenarnya kebijakan mengganti barang jamaah yang hilang itu sudah berlangsung sejak 1999,” ungkap Ahmeda Aulia Nurseta selaku Takmir Masjid Jogokariyan, Minggu (12/5/19), dilansir dari Tempo.

Sumber foto: tempo.co

Ia mengungkapkan bahwa kesepakatan ini diawali pada tahun 1999 oleh Jazir selaku takmir masjid yang pada saat itu dipegang oleh sesepuh Jogokariyan. Saat salah satu jamaah mengaku bahwa sandalnya hilang, tanpa berpikir panjang Jazir mengganti sandal tersebut dengan uang pribadinya tanpa mengurangi uang kas milik masjid.

 

Apa Reaksi Kamu?