Hindari Barang dan Aksesoris  Berbahan Ini Agar Rumahmu Tidak Cepat Terbakar!
Foto: London Fire Brigade

Hindari Barang dan Aksesoris Berbahan Ini Agar Rumahmu Tidak Cepat Terbakar!

Jumat, 11 Mei 2018 | 09:25 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Pernah melihat kaca yang tebal atau kristal di gagang pintu? Ternyata kedua benada tersebut bisa bikin rumah kamu terbakar jika terkena sinar matahari secara langsung. Satu keluarga dari Inggris mempelajari bahwa cara yang sulit pada September lalu, ketika salah satu dari pegangan pintu kaca mereka terfokus sinar matahari pada pakaian dekatnya, membuat pakaian terbakar.

Beruntung bagi Londoner Clare Thomson dan keluarganya, yang berada di rumah pada saat api menyala, alarm asap dipasang di properti sebelum api keluar dari kendali, dan mereka dapat dengan aman meninggalkan rumah.

"Saya sangat kagum pada bagaimana panasnya matahari pada September lalu dan saya kagum pada seberapa cepat api kecil bisa berlangsung. Saya akan menyarankan orang-orang untuk tidak membeli gagang pintu kristal, dan saya akan menyarankan rumah toko untuk menyadari risiko kebakaran ketika stocking. Atau, setidaknya, gagang pintu tersebut harus ada peringatannya." kata Thompson.

Dia tidak salah tentang itu. Setelah semua terjadi, hal terakhir yang ada dalam pikiran kebanyakan orang ketika mempertimbangkan untuk membeli gagang pintu kaca adalah "bahaya kebakaran", tetapi menurut Charlie Pugsley, kepala tim investigasi api di London Brigade, kebakaran rumah dimulai oleh tombol kaca dan kristal. "Insiden semacam ini yang tidak langka karena Anda akan berpikir seperti itu. Saya telah melihat segala sesuatu dari gagang pintu berkilauan dan bola kristal untuk mangkuk ikan kaca dan stoples Nutella yang mengandung kristal mulai kebakaran. Kristal, ornamen kaca dan barang-barang seperti cermin rias harus dijauhkan dari sinar matahari langsung." katanya.

Pemadam kebakaran dipanggil ke rumah Thomsons 'Wendover Road, Willesden, pada tanggal 8 September, 2016 dan pemadam kebakaran mampu membatasi api ke daerah asal dan akhirnya memadamkannya. Investigasi kemudian mengungkapkan bahwa api yang paling mungkin dimulai setelah mantel terbakar dari gagang pintu kaca, yang difokuskan sinar matahari ke pakaian di dekatnya.

Insiden ini mendorong London Fire Brigade untuk memperingatkan warga tentang bahaya perabotan kaca dan gagang pintu. Mereka menyarankan semua orang untuk menjaga cermin cekung dan kristal atau objek kaca jauh dari bahan yang mudah terbakar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...