Hindari Hal Ini Agar Tidak Terkena Impotensi
Sumber : Istimewa

Hindari Hal Ini Agar Tidak Terkena Impotensi

Selasa, 27 Mar 2018 | 18:57 | Oky

Winnetnews.com - Disfungsi ereksi atau sering disebut pula dengan impotensi pada umumnya banyak dialami oleh lelaki yang sudah berusia 40 tahun keatas.

Faktor umur menjadi salah satu dari banyak sebab terjadinya disfungsi efeksi pada laki-laki, meskipun dalam hal ini banyak pula pengecualian, karena tidak semua laki-laki yang sudah lanjut usia mengalami kelainan tersebut.

Disfungsi ereksi disebabkan abnormalitas tunggal atau kombinasi dari keempat sistem yang penting dalam fungsi ereksi, diantaranya sistem vaskuler, neurologik, hormonal, dan pskilogis.

Pasien yang mengalami disfungsi ereksi akan mengalami gangguan psikiatrik seperti depresi, ansietas dan timbul perasaan malu berhubungan dengan lawan jenisnya.

Journal of Sexual Medicine pada bulan Juli 2013 melakukan studi dan menemukan fakta bahwa pada umumnya impotensi terjadi lebih umum pada laki-laki yang lebih muda, sebanyak 26 persen laki-laki dibawah umur 40 tahun mengalaminya dan setengahnya menderita impotensi yang cukup parah.

Pola hidup sehat merupakan cara paling ampuh untuk menghindari terkena impotensi. Selain itu, pengetahuan mengenai apa yang menjadi penyebab terjadinya impotensi juga harus diketahui sehingga dapat dihindari lebih dini.

Berikut beberapa penyebab terjadinya impotensi:

1. merokok

Rokok memiliki kandungan nikotin yang dapat menghambat aliran darah ke organ vital pria. Semakin seorang lelaki merokok, maka semakin banyak nikotin yang terdapat di dalam tubuhnya, tanpa ia sadari, akan membahayakan kemampuan seksualnya dikemudian hari. Ereksi menjadi terhambat dan melemahnya kemampuan Mr. P.

Efek vasokonstriktor dari rokok dapat mengurangi sirkulasi ke corpus cavernosus, konsumi ethanol juga dapat menyebabkan defisiensi androgen, neuropati perifer atau penyakit hati kronik, yang pada ahirnya, semuanya dapat berujung pada gejala disfungsi ereksi, demikian diterangkan oleh Lue TF dalam tulisannya yang berjudul Male Dysfunction tersebut lebih lanjut. Hal ini diterangkan oleh Lee M dalam tulisannya yang berjudul Erectile Dysfunction yang terbit di USA pada tahun 2005.

2. perasaan gelisah yang berujung depresi atau stress

Tingginya beban ekonomi atau banyaknya beban kerja yang menimbulkan stress juga dapat menjadi penyebab timbulnya gejala impotensi diusia media. Terlalu sibuk dan lupa untuk mencari hiburan untuk meredakan gejala stress akibat beban kerja harus dihindari. Pada akhir pekan, berlibur dan mencari suasana baru menjadi cara yang ampuh untuk terhindar dari gejala depresi.

3. sering mengkonsumsi minuman beralkohol

Alkohol memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan. Ia berperan sebagai depresan yang berguna untuk memblokir impuls saraf serta menghalangi komunikasi yang dilakukan oleh otak dan tubuh. Dengan demikian, kesinambungan antara kerja otak dan syaraf yang mengatur agar Mr. P dapat ereksi secara optimal terganggu. Hindari minum minuman beralkohol menjadi rekomendasi demi masa depan seksual anda.

4. menggunakan obat-obatan tertentu

Tanpa disadari oleh pasien yang mengalami darah tinggi, obat-obatan yang ia gunakan juga berpotensi mengakibatkan timbulnya gejala impotensi. Hipertensi dapat menyebabkan impotensi karena arteri kurang fleksibel dan sempit, sehingga aliran darah menuju arteri semakin berkurang. Hal ini lah yang menyebabkan impotensi, karena darah yang beredar di bagian organ vital menjadi terbatas. Hal ini sebagaimana dilansir dalam laman aladokter.com, bahwa untuk mengetahui apakah seorang pasien mengalami impotensi dan apa penyebabnya, dokter akan bertanya seputar gejala-gejala yang dirasakan pasien, riwayat kesehatan, serta kondisi psikologisnya. Selain itu, dokter kemungkinan akan menanyakan apakah pasien sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, kecanduan minuman beralkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang.

Jadi sebaiknya anda menghindari melakukan aktifitas diatas daripada anda mengalami impotensi dikemudian hari. Lebih baik menghindari daripada mengobati.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...