Hindari Konsumsi Camilan Ini Bila Tidak Ingin Program Diet Gagal
ilustrasi

Hindari Konsumsi Camilan Ini Bila Tidak Ingin Program Diet Gagal

Senin, 3 Mei 2021 | 14:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Menurunkan berat badan tidak hanya perlu olahraga secara teratur tapi juga mengetahui jenis makanan yang baik dan tidak untuk dikonsumsi. Ini camilan yang bisa menaikkan berat badan. 

Anda ingin menurunkan berat badan? Inilah saatnya untuk mulai berkeringat lebih sering daripada sebelumnya. 

Bersamaan dengan rencana olahraga yang lebih teratur, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda mengisi tenaga dengan cara yang benar. 

Makanan ringan khususnya, adalah salah satu hal yang dapat menghambat Anda mencapai tujuan. 

Meskipun kelihatannya tidak berbahaya, dalam jangka panjang, camilan ini sebenarnya bisa menjadi alasan Anda menambah berat badan alih-alih menurunkannya. 

Berikut ini adalah beragam camilan yang paling mungkin bisa membuat berat badan naik: 

1. Keripik kentang 

Ada beberapa alasan mengapa keripik kentang “agak bermasalah”. Merangkum Eat This, rasa gurih yang ditawarkan sajian keripik kentang bisa menimbulkan ketagihan, di mana hampir tidak mungkin seseorang hanya makan satu potongan. 

Padahal, asupan garam atau natrium dari keripik kentang yang berlebih bisa menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). 

Selain itu, keripik kentang relatif tinggi lemak dan kalori yang dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan hingga obesitas. 

Baik digoreng maupun dipanggang, keripik kentang tetap dianggap sebagai makanan “kalori kosong”, yakni makanan yang minum nutrisi. 

Sebuah studi di Harvard menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi keripik kentang sebagai bagian dari makanan, mereka bertambah berat badan setiap tahun. 

2. Cokelat batangan 

Mengonsumsi sepotong kecil cokelat hitam sebenarnya baik untuk Anda, karena sebuah penelitian di Heart menemukan bahwa makan hingga 3,5 ons cokelat sehari dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan bahkan membantu menurunkan berat badan. 

Tapi, bukan sembarang cokelat yang bisa Anda makan. Di mana, mengonsumsi cokelat batangan yang dibuat dengan tambahan susu dan gula tinggi hanya akan membuat Anda bertambah berat badan, karena sering kali sangat tinggi lemak dan kalori. 

Faktanya, sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa salah satu makanan yang terkait dengan kepadatan energi tertinggi dan yang paling berpengaruh dengan penambahan berat badan, adalah cokelat batangan. Jadi, batasi konsumsinya. 

3. Yogurt parfaits 

Yogurt baik untuk kesehatan adalah sesuatu kebenaran. Tapi itu semua tergantung pada jenis yogurt yang Anda makan. 

Yogurt parfaits yang disajikan penuh dengan tambahan gula dan ditambah topping manis, seperti granola tentu bukanlah camilan sehat. 

Jika Anda mengonsumsinya, berarti Anda baru saja melebihi asupan gula dalam sehari. Makan terlalu banyak gula telah dikaitkan erat dengan penambahan berat badan. 

Sebaliknya, makan salah satu yogurt rendah gula adalah pilihan yang baik dan disetujui oleh ahli gizi. 

4. Sereal manis 

Banyak sereal yang mengandung gula, sehingga dianggap tidak lebih baik dari memakan sebatang permen. 

Jadi, jangan pernah berpikir untuk memulai hari Anda dengan mengonsumsi terlalu banyak makanan ringan ini. 

Menurut sebuah studi di Annals of Nutrition and Metabolism, mereka yang makan oatmeal untuk sarapan, lebih kenyang lebih lama, lebih sedikit rasa lapar, dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori saat makan siang dibandingkan dengan mereka yang makan sereal jagung. "Kalori kosong" sekali lagi tidak berguna bagi Anda. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...