Hindari Makanan Ini Saat Kamu Berusia 40-an

Hindari Makanan Ini Saat Kamu Berusia 40-an Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mulai menyadari bahwa sistem pencernaan mulai bereaksi terhadap makanan yang sebetulnya sudah biasa Anda konsumsi. Itu benar-benar normal, tapi menjaga kesehatan usus sangat penting agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Kondisi seperti ini sebetulnya tidak akan sepenuhnya dialami oleh semua orang. Beberapa orang bahkan akan baik-baik saja meski mereka rutin mengonsumsi makanan mengandung gula, makanan berlemak tinggi, atau makanan ringan olahan.

Pada kenyataannya, mengonsumsi makanan cepat saji dalam jumlah sedang juga tidak akan membahayakan tubuh Anda. Namun ketika seseorang telah memasuki umur 40 tahun, ada nutrisi tertentu yang dibutuhkan tubuh, sehingga mau tidak mau Anda harus meninggalkan beberapa jenis makanan. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Selasa (20/2/2018).

1. Kopi

Kopi merupakan minuman yang kaya antioksidan dan sebenarnya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tapi jika Anda akan mengalami masa menopase, Anda mungkin akan menghentikan sejenak kebiasaan mengonsumsi minuman bercita rasa pahit itu. Para ahli menganjurkan, agar setiap wanita di usia 40 tahun ke atas mengganti kopi dengan teh bebas kafein demi kesehatan mereka.

2. Almond milk

Sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsi produk dairy karena alasan alergi, biasanya akan mengakalinya dengan mengonsumsi almond milk. Selama ini, almond milk memang sering dijadikan sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat olahan smoothies sehat. Tapi tahukah Anda, jika sebetulnya kandungan kalsium yang terdapat pada almond milk masih kalah jauh dengan produk susu yang diolah menggunakan susu sapi asli? Di saat Anda menginjak umur 40 tahun, Anda membutuhkan asupan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung agar tetap prima.

3. Putih telur

Selain almond milk, kebanyakan orang menganggap bahwa konsumsi putih telur secara rutin juga menjadi salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan tubuh. Putih telur memang mengandung sejumlah nutrisi esensial, namun kandungan nutrisi yang terdapat pada kuning telur ternyata jauh lebih sehat dan berkhasiat dalam menjaga kesehatan otak dan menjaga kadar darah di dalam tubuh agar tetap stabil. Ini disebabkan karena makanan tersebut mengandung vitamin B-12, D, A, E, dan K, serta asam lemak omega-3.

4. Alkohol

Mengonsumsi segelas atau dua gelas wine setiap hari dipercaya dapat mendatangkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker. Namun, jika Anda mengonsumsi wine atau minuman alkohol lainnya secara berlebihan, hal tersebut justru akan memicu sejumlah permasalahan kesehatan seperti kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

5. Roti bebas gula

Menurut sebuah penelitian, produk roti bebas gula sebetulnya mengandung kadar protein yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Selain harganya yang mahal, kandungan serat yang terdapat pada roti bebas gula juga tidak sebanyak yang terdapat pada olahan roti gandum. Pasalnya, semakin Anda bertambah tua, serat menjadi salah saru nutrisi yang diperlukan tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan.