Hiu datang bergerombol, terdampar di Pantai Pesisir Selatan Sumbar

Hiu datang bergerombol, terdampar di Pantai Pesisir Selatan Sumbar

Selasa, 9 Agt 2016 | 21:53 | Rike
WinNetNews.com - Banyak Hiu Tutul (Rhincodon Typus) datang bergerombol dan terdampar di Pantai Karang Labung, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (09/08/2016).

Dalam hari yang sama hiu sejenis juga terdampar di Pantai Tan Sridano, Kecamatan Batang Kapas masih kabupaten setempat diperkirakan berjarak 40 kilo meter. Camat Lengayang, Alfis Basyir di lokasi menyatakan bahwa salah seekor hiu malang yang terdampar sekitar pukul 9.00 WIB ditemukan mati."Laporan yang saya terima hiu tersebut sudah mati, saat ini kami masih mengupayakan berbagai cara agar hiu ini bisa ditarik ke daratan dan segera dikubur," jelasnya.

Sementara, nelayan setempat, Arlis mengaku hiu tersebut menepi secara bergerombolan dan diantaranya masuk ke pukat nelayan."Kami berupaya mengeluarkannya namun tidak bisa karena keadaannya lemah berbeda dengan hiu lain yang gesit sehingga bisa dikeluarkan," katanya. Akibat kejadian tersebut pukat milik nelayan sobek dan butuh beberapa hari untuk memperbaikinya.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Firdaus menduga hiu tersebut dalam keadaan sakit."Kami menduga hiu tersebut sakit dan itu sesuai dengan informasi yang diberikan masyarakat. Biasanya hiu akan bergerombolan menepi apabila ada diantaranya yang sakit," jelasnya.


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...