Hiu Merusak Drone Seharga Rp 3 Miliar

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Hiu Merusak Drone Seharga Rp 3 Miliar

 

Wingamers.com - Hiu merusak drone seharga Rp 3 miliar. Sebuah drone bernilai US$ 250 ribu yang menyelam di bawah laut di kawasan Australia ternyata mengusik hiu yang tengah berenang di sekitarnya. Drone itupun diserang dan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Seperti dilansir Cnet dan West Australian, profesor dari University of Western Australia, Charitha Pattiaratchi mengatakan drone itu memang sengaja dirakit untuk mengukur suhu dan kadar garam laut.

Drone itu memiliki ukuran panjang dua meter. Belakangan, tim ilmuwan mengetahui bahwa drone itu sudah tidak berfungsi sejak minggu lalu, lengkap dengan bekas gigitan di bagian bodinya. Hiu ganas itu diyakini menyerang drone dari bawah, berusaha mengoyaknya. Hiu itupun meninggalkan satu giginya di bagian belakang casing drone.

Sebelumnya di bulan Agustus kemarin, Tim ilmuwan dari University of Minnesota mempublikasikan penelitian di jurnal Current Biology mengenai pengaruh drone yang berpotensi mengganggu satwa liar, khususnya beruang.

Drone terbukti mempengaruhi respon psikologis beruang yang terbang di dekatnya. Menurut penelitian tersebut, beruang memang tidak mengalami perubahan perilaku, namun mereka justru menghadapi suasana hati yang naik-turun.

Kejadian ini dinilai menjadi catatan penting bagi dunia akademik untuk mempertimbangkan keberadaan teknologi canggih yang sengaja ditempatkan di alam bebas di mana tentu akan memengaruhi kehidupan makhluk hidup lainnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});