(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hiu Paus Jadi Primadona Wisata Gorontalo

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Hiu Paus Jadi Primadona Wisata Gorontalo
WinNetNews.com - Hiu paus kini menjadi primadona wisata Gorontalo. Objek wisata hiu paus di Desa Botubarani Kecamatan Kabila, Bone Kabupaten Gorontalo ini sempat ditutup untuk mengatur manajemennya agar lebih baik. Kini obyek wisata ini telah dibuka pada 17 April 2016 kemarin.

Warga Gorontalo maupun wisatawan lainnya tidak diperkenankan untuk memberi makan atau menyentuhnya. Bahkan tidak boleh mendekati hiu paus ini. Sudah ada 13 sampai 14 ikan hiu paus yang berada di perairan Botubarani.

Walaupun hiu paus ini terkesan jinak, tapi jangan coba-coba untuk menyentuhnya, karena bisa jadi kulit dari hiu paus ini akan lecet.

Agar hiu paus ini tidak stress , disarankan bagi para wisatawan untuk mengikuti beberapa panduan yang di arahkan dari WWF ini,

1. Ikut Briefing dengan pemandu selama 10-15 menit, sebelum tamu masuk ke air. Isi dari briefing harus mencakup ucapan selamat datang dan perkenalan diri, pengaturan waktu dan destinasi, pengenalan terhadap hiu paus, aturan untuk berinteraksi dengan hiu paus, dan undangan untuk bertanya.

2. Jaga jarak. Beri ruang hiu paus sejauh 5 meter bila berenang bersama. Dilarang menyentuh dan atau mengejar hiu paus secara aktif . Bila snorkeler didekati oleh hiu paus, harus tetap tenang dan berenang ke samping.

3. Dilarang mengeluarkan suara keras, melakukan gerakan yang mendadak, dan mencipratkan air yang dapat memprovokasi atau mengganggu hiu paus.

4. Penggunaan scuba dibatasi. Maksimal dua pengguna scuba dalam satu grup. Namun dihimbau untuk tidak menggunakan scuba.

5. Mohon antri. Saat melakukan snorkeling bersama hiu paus digilir perkelompok, satu grup maksimal 6 orang termasuk pemandu.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});