Hiu Paus Menghilang Dari Perairan Gorontalo

Hiu Paus Menghilang Dari Perairan Gorontalo

Selasa, 16 Agt 2016 | 10:30 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Sudah beberapa hari terakhir, kawanan hiu paus di perairan Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo tak lagi muncul ke permukaan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Hiu Paus, Yansur Pakaya mengatakan terakhir kali hiu paus muncul pada Jumat 12 Agustus 2016.

"Sejak saat itu sampai Senin ini kami belum melihat ada hiu paus yang datang, meskipun nelayan setempat menyebarkan limbah udang yang jadi makanan mereka di laut," kata Yansur di Gorontalo.

Sejak hiu tersebut tidak tampak, aktivitas wisata di lokasi tersebut berhenti total. Hewan itu memang menjadi alasan utama wisatawan datang dan turun ke laut.

Puluhan perahu yang biasanya mengangkut pengunjung hanya terparkir di bibir pantai. Sementara warga setempat ramai berkumpul di pantai menanti kabar mengenai keberadaan hiu paus. "Kemarin ada nelayan yang melihat seekor hiu paus bermain selama lima menit, tapi lokasinya berada jauh dari zona wisata," ucap Yansur.

Peneliti dari Whale Shark Indonesia dan World Wild Fund for Nature (WWF), Casandra Tania menuturkan, kemungkinan penyebab menghilangnya hiu paus dari perairan Botubarani lantaran faktor makanan.

"Kemungkinan karena makanan tidak cukup di perairan tersebut, sehingga hewan ini mencari makan di perairan lain," ujar Casandra.

Antara 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...