HIV Bisa Ditularkan Lewat Ciuman?

Rusmanto
Rusmanto

HIV Bisa Ditularkan Lewat Ciuman? ilustrasi
Winnetnews.com - Ada banyak sekali mitos yang dipercaya banyak orang terkait dengan penyakit HIV/AIDS. Salah satu mitos tersebut adalah penularan penyakit ini bisa lewat ciuman, khususnya ciuman berjenis French Kiss yang memungkinkan terjadinya pertukaran air liur. Apakah mitos ini memang benar?

Penularan HIV Lewat Ciuman

Pakar kesehatan menyebut ciuman berjenis French kiss memang memungkinkan penularan HIV/AIDS. Berbeda dengan jenis ciuman lainnya, ciuman yang panas dan penuh gairah ini tak hanya mempertemukan bibir, melainkan juga lidah dan memungkinkan pertukaran air liur. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika pertukaran cairan tubuh bisa menjadi penyebab penularannya.

Sebagai informasi, HIV/AIDS adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh virus berjenis Human immunodeficiency yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh semakin melemah. Seringkali, penularan penyakit ini dipicu oleh kontak antar mukosa atau sejenis lapisan kulit yang ada di dalam mulut, transfusi darah, dan hubungan intim.

Meskipun begitu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Reckitt Beckinser menyebutkan bahwa jika kita hanya melakukan ciuman antar bibir atau melakukan sentuhan antar kulit, penularan penyakit ini sangatlah kecil terjadi. Hal ini disebabkan oleh virus penyakit ini yang biasanya sudah mati jika tersentuh udara.

Kita memang harus lebih cermat dalam melakukan gaya hidup, termasuk dalam hal tidak sembarangan melakukan French kiss atau hubungan intim dengan orang lain. Jika kita sering berganti-ganti pasangan melakukannya, bisa jadi risiko terkena HIV/AIDS akan meningkat dengan signifikan.

Apa Reaksi Kamu?