Hmm... Jadi Ini Penyebab Kematian Petugas KPPS: Hasil Penelitian UGM
Sumber: Media Indonesia/Susanto

Hmm... Jadi Ini Penyebab Kematian Petugas KPPS: Hasil Penelitian UGM

Kamis, 27 Jun 2019 | 11:00 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Hasil tim penelitian UGM menunjukkan bahwa petugas KPPS meninggal disebabkan oleh penyebab natural, yakni karena sejumlah penyakit. Penelitian menunjukkan semua disebabkan oleh problem kardiovaskuler, baik jantung, stroke, maupun gabungan dari jantung dan stroke.

Berdasarkan kajian yang dilakukan tim peneliti UGM, seperti dilaporkan Kompas (27/6/2019), tidak ditemukan adanya racun yang menyebabkan meninggalnya KPPS.

"Kami sama sekali tak menemukan indikasi, misalnya diracun atau sebab-sebab lain yang lebih ekstrem," kata koordinator peneliti UGM Abdul Gaffar Karim di KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019).

Hasil otopsi verbal, tim peneliti menemukan rata-rata beban kerja petugas KPPS memang sangat tinggi. Beban kerja yang terlalu tinggi dan riwayat penyakit yang sebelumnya diderita petugas KPPS menjadi penyebab atau meningkatkan risiko terjadinya kematian dan sakitnya petugas KPPS.

Ditemukan juga adanya kendala terkait bimbingan teknis, logistik, dan kesehatan masing-masing KPPS. Lemahnya manajemen risiko di lapangan yang menyebabkan sakitnya petugas KPPS tidak tertangani dengan baik sehingga menyebabkan kematian.

"Jadi, temuan kami, (KPPS) yang tidak ada penyakit dan misalnya bisa meng-handle tekanan-tekanan dengan baik, itu mereka tidak mengalami peristiwa (kematian dan sakit)," ujar Abdul Gaffar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...