(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hobbyhorsing Jadi Olahraga Hits di Finlandia, Kok Sekilas Seperti Kuda Lumping Ya?

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Hobbyhorsing Jadi Olahraga Hits di Finlandia, Kok Sekilas Seperti Kuda Lumping Ya? Foto: Instagram/@hobbyhorserevolution

WinNetNews.com - Bayangkan sebuah olah raga seperti melompat tapi menggunakan kuda-kudaan yang terbuat dari tongkat kayu. Sulit dan penuh rintangan. Itulah olahraga populer dari Hobbyhorsing Kompetitif.

Hobi berkuda adalah salah satu mainan anak tertua yang masih digunakan sampai sekarang. Puluhan ribu anggota komunitas di Finlandia menyukai hobi yang satu ini, mengendarai kuda mainan lebih dari sekedar permainan. Banyak dari mereka berlatih berjam-jam setiap hari dan secara teratur mengikuti kompetisi jumping berskala besar di mana mereka mencoba mengesankan juri dengan postur, gerak kaki dan lompatan mereka.

Hobbyhorsingini telah cukup besar di Finlandia, setidaknya dalam satu dekade, namun baru mulai mendapat liputan internasional bulan ini, berkat sebuah film dokumenter baru oleh sutradara Oscar Selma Vilhunen, yang menemukan olahraga yang tidak biasa melalui Instagram.

Dia langsung terpesona oleh masyarakat dan bagaimana cara menggabungkan olahraga, fantasi, dan seni & kerajinan. Filmnya, Hobbyhorsing Revolution, adalah jendela ke dalam dunia hobbyhorsing yang kompetitif, menampilkan anggota komunitas muda, pelatihan mereka, dan prasangka yang mereka hadapi dari orang-orang yang menganggap gairah mereka "hal terbodoh di dunia".

Artikel pertama tentang fenomena hobi menghebohkan di Finlandia mulai muncul di situs web berbahasa Inggris sekitar tanggal 1 April 2017, yang menyebabkan banyak orang percaya bahwa itu hanya tipuan bodoh yang dipikirkan dengan baik. Namun puluhan ribu penggemar hobi di Finlandia, dan penggemar di negara tetangga Swedia dan Norwegia, serta negara-negara seperti Jerman dan Prancis akan memberi tahu kamu sebaliknya.

Useille tulee isona yllätyksenä, että keppihevoset ovat parhaimmillaan myös kunnon urheilua. Niin esteet, kouluratsastus kuin arkiset maastolenkitkin saavat helposti hien pintaan. -- ???????? People often gets surprised how good sport riding a hobbyhorse can be. Showjumping, dressage and everyday riding in the woods as well can be very exhausting!

A post shared by Hobbyhorse Revolution (@hobbyhorserevolution) on

Hobbyhorsing kompetitif dimulai dengan "kuda". Ada puluhan situs yang menjual mainan kuda yang rumit, dan beberapa penggemar bahkan merajut kepala kuda mereka sendiri untuk dipasang di atas sebatang tongkat. Kuda-kuda itu sering memiliki nama dan sedang dipersiapkan dan dirawat seperti binatang sungguhan. Dalam sebuah trailer untuk Hobbyhorsing Revolution, beberapa penggemar mengakui menempatkan selimut pada Hobbyhorsing mereka di malam hari karena mereka "tidur".

Tidak jelas bagaimana sebenarnya hobi menjadi sangat populer di kalangan gadis remaja Finlandia, namun karena kandang kuda dengan kuda asli biasa ditemukan di negara Skandinavia, masuk akal untuk berasumsi bahwa mainan kayu itu adalah alternatif yang mudah diakses dari kuda impian mereka yang agung. Memiliki kuda sulit bagi seseorang yang tinggal di kota, belum lagi mahal, tapi tongkat dan banyak imajinasi tersedia untuk hampir semua orang.

Melihat gadis-gadis muda, kebanyakan dari mereka berusia 12-18 tahun, melompati rintangan dan itu sangat mengesankan. Hobbyhorsing kompetitif adalah tentang menghormati "kuda", menikmati dirimu dan rasa komunitas yang kuat, namun olahraga ini juga memiliki sisi gelap. Diperkirakan ada lebih dari 10.000 peminat hobbyhorsing di Finlandia saja, namun kebanyakan dari mereka merahasiakan gairah mereka karena takut prasangka.

Terlepas dari prasangka tersebut, banyak penggemar dengan bangga memposting foto dan video tentang diri mereka dan teman mereka yang berkuda. Pencarian Instagram sederhana untuk tag seperti #kepparitkunniaan atau #KHT mengungkapkan lusinan akun terkait hobbyhorsing.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});