Hobi Belanja Termasuk Gangguan Mental?

Rusmanto

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Hobi Belanja Termasuk Gangguan Mental?
ilustrasi
Winnetnews.com -  Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Hanya saja, ada yang memiliki hobi berbelanja. Memang, hobi ini haruslah diiringi dengan tersedianya cukup banyak uang, namun pakar kesehatan menyebut kebiasaan berbelanja dengan berlebihan bisa jadi merupakan tanda dari masalah kesehatan mental lho. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Bahaya Kecanduan Belanja

Sebuah penelitian yang dilakukan di Hannover Medical School, Jerman, menghasilkan fakta bahwa berbelanja dengan berlebihan, baik itu yang dilakukan secara langsung ataupun lewat toko online termasuk dalam kecanduan belanja. Dalam dunia medis hal ini dikenal sebagai oniomania atau gangguan pembelian secara kompulsif. Hal ini terkait dengan penyakit mental.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa sekitar 7 persen dari 122 orang dewasa yang dilibatkan dalam penelitian ini dari Benua Eropa dan Amerika mengalami masalah gangguan pembelian kompulsif. Masalah mental ini bahkan kasusnya cenderung meningkat dalam dua puluh tahun belakangan.

Prof. Astrid Mueller, salah satu peneliti yang terlibat menyebut kecanduan belanja tak hanya akan membuat kita menghabiskan banyak orang. Dampak dari hal ini bahkan jauh lebesar bagi kondisi mental secara keseluruhan.

“Sudah saatnya bagi kita untuk lebih memperhatikan masalah mental gangguan belanja kompulsif. Kita harus mulai mengembangkan perawatan atau cara diagnosis masalah kesehatan ini dengan lebih baik,” ucapnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...