Honda CB150R StreetFire : Mengudak Yamaha V-Ixion Advance

Muchdi
Muchdi

Honda CB150R StreetFire : Mengudak Yamaha V-Ixion Advance

WinNetNews.com – Baru berusia dua bulan setelah resmi Diluncurkan All-New Honda CB150R StreetFire di Jakarta, tepatnya awal Agustus 2015 lalu. Terbilang model baru, penjualannya cukup membuat rival utama Yamaha New V-Ixion Advance berhati-hati.

Andalan PT Astra Honda Motor di segmen sport kelas 150 cc ini cukup menjanjikan, bahkan jumlahnya mencapai dua kali lipat ketimbang rata-rata penjualan model lama. Mengacu dari data wholesale dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI),

Sepanjang September 2015 misalnya, CB150R terjual lebih dari 14.000 unit. Sementara Agustus, saat model ini pertama kali diluncurkan, terjual 1.300-an unit karena stok belum terpenuhi. Bandingkan dengan rata-rata penjualan sebelum meluncur model baru yang cuma sekitar 7.000-an unit per bulan.

Kendati terjual berlipat ganda, namun sang penantang belum mampu melangkahi New Yamaha V-Ixion Advance. Penguasa pasar Sepeda Motor Sport 150 cc itu masih kokoh dengan penjualan September 2015 sebanyak 34.000-an unit.

Semakin dikejar, V-Ixion tampak semakin menjauh. Padahal sebelum CB150R terbaru muncul, model ini terjual di rata-rata angka 17.000 unit hingga titik tertinggi mencapai 37.000-an unit yang diperoleh pada Agustus 2015 lalu.

Peta persaingan itu memang belum bisa dikatakan stabil, karena Honda masih kurang dari dua bulan meluncurkan CB150R terbaru. Satu atau dua bulan lagi, biasanya sudah bisa dipetakan lebih detail dengan angka penjualan yang sudah ”terbentuk” di pasar.

Bakal semakin seru saat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memborbardir dengan model baru pendamping V-Ixion, ditengarai bakal muncul yang disebut MT-15 dalam waktu dekat. Siapa bakal bertahan?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});