Hormon Berikut Ini Mempengaruhi Kegiatan Seksual

Rusmanto
Rusmanto

Hormon Berikut Ini Mempengaruhi Kegiatan Seksual ilustrasi
Winnetnews.com - Besarnya hasrat seksual memang dipengaruhi oleh kadar hormon di dalam tubuh. Jadi, ketika ada hal yang membuat kadar hormon seks Anda tidak normal, bisa jadi gairah seks Anda juga menurun. 

Akan tetapi, apakah hal ini berlaku sebaliknya? Apakah kehidupan seks Anda bisa pengaruhi kadar hormon di dalam tubuh?

Apakah seks pengaruhi keseimbangan hormon?

Jika ada pertanyaan tentang apakah kegiatan seks mempengaruhi keseimbangan hormon, jawabannya, tidak. Alih-alih dipengaruhi oleh kegiatan seksual, justru hormon mempengaruhi kegiatan seksual. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh hormon tertentu pada aktivitas seksual yang dilakukan oleh pria dan wanita.

Hormon sendiri adalah zat kimia yang diproduksi oleh kelenjar di dalam sistem endokrin. Hormon masuk ke dalam aliran darah menuju ke jaringan dan organ, menyampaikan pesan kepada organ untuk memberi tahu apa tugas organ dan kapan organ tersebut harus bekerja.

Hormon sangat penting untuk regulasi yang terjadi di dalam tubuh, termasuk saat melakukan aktivitas seksual. Dalam melakukan kegiatan seksual, hormon yang berpengaruh adalah hormon estrogen, progesteron, dan hormon testosteron.

Selain berpengaruh dalam kegiatan seksual, hormon-hormon ini juga berpengaruh pada pertumbuhan seksual dalam tubuh pria dan wanita.

Hormon yang berpengaruh saat melakukan hubungan seksual

Hormon yang berfungsi untuk pertumbuhan seksual pada tubuh adalah estrogen, progesteron dan testosteron.

1. Estrogen

Hormon yang dapat mempengaruhi kegiatan seks ini diproduksi pada indung telur, namun ada juga yang diproduksi di dalam sel dan kelenjar adrenal. Hormon ini berperan dalam pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause.

Fungsi utama dari hormon ini adalah pembentukan karakteristik seksual pada wanita, contohnya pertumbuhan payudara, rambut vagina dan rambut ketiak, serta  siklus menstruasi dan sistem reproduksi.

Pada dasarnya, level hormon estrogen pada wanita bisa berbeda-beda. Bahkan, pada wanita yang sama, level estrogen akan variatif setiap harinya. Oleh sebab itu, perbedaan level estrogen tidak menandakan sesuatu yang berarti. Hanya saja, jika level ini meningkat atau menurun terlalu drastis, dapat menyebabkan efek samping. Hal ini pula yang menyebabkan hormon mempengaruhi kegiatan seks.

Sebab, salah satu efek samping dari level estrogen yang menurun adalah menurunnya hasrat seksual. Sementara, hormon mempengaruhi kegiatan seks yang ditandai dengan libido meningkat terjadi saat level hormon juga sedang meningkat . Saat itu, tubuh akan memproduksi pelumas pada vagina. Produksi ini meningkatkan keinginan atau hasrat wanita terhadap kegiatan seksual.

Apa Reaksi Kamu?