Hormon Pemicu Kegemukkan

Hormon Pemicu Kegemukkan

Wingamers - Obesitas adalah gangguan kesehatan yang dapat disebabkan berbagai macam hal. Kurangnya olahraga dan tidak teraturnya pola makan salah satu yang memicu obesitas. , Tahukah Anda, hormon juga memiliki andil cukup besar dalam memengaruhi bobot tubuh seseorang. Melansir laman viva, berikut hormon yang memengaruhi bobot tubuh seseorang.

Kortisol

Hormon ini adalah salah satu pemicu stres, yang dapat membuat berat badan berlebih. Karena pada saat stres, produksi hormon kortisol yang meningkat akan meningkatkan nafsu makan, membuat Anda ingin makan lebih banyak.

Testosteron

Ketidakseimbangan kadar hormon testosteron, juga bisa berdampak pada tubuh Anda. Karena, jika kadar hormon ini berlebih, tubuh akan merasa lebih lapar dan ingin makan lebih lahap.

Estrogen

Pada saat memasuki masa menopause, kadar hormon estrogen akan berkurang. Hal tersebut, dapat membuat Anda mengalami penumpukkan lemak, terutama di bagian perut dan pinggang. Olahraga rutin bisa membantu mengurangi risikonya.

Insulin

Hormon yang satu ini, berperan penting dalam proses pemecahan glukosa dan karbohidrat dalam tubuh. Ketika hormon ini tidak terproduksi dengan baik, maka karbohidrat dan gula akan menumpuk menjadi lemak berlebih yang membuat Anda kegemukan.