Hotel di Fukuoka Jepang Ini Bertarif Rp12 Ribu per Malam, Eits Tapi Ada Syaratnya...
Asahi Ryokan. (Foto: CBS News)

Hotel di Fukuoka Jepang Ini Bertarif Rp12 Ribu per Malam, Eits Tapi Ada Syaratnya...

Sabtu, 30 Nov 2019 | 16:50 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Ada sebuah hotel unik yang terletak di kota Fukuoka, Jepang. Yang unik bukanlah desain hotelnya, melainkan konsep bisnisnya. Sebab sebenarnya penginapan ini merupakan hotel tua menurut pengakuan pemiliknya. Karena itu ia perlu mengembangkan bisnisnya dengan cara yang baru.

Hotel itu bernama Asahi Ryokan. Ryokan berarti hotel dalam bahasa Indonesia. Berangkat dari ide: bagaimana jika ia bisa menggunakan internet untuk mendatangkan tamu baru sekaligus pemasukan baru, akhirnya Tetsuya Inoe (27), sang pengelola hotel menjalankan Asahi Ryokan yang dimiliki neneknya itu.

Ia membuat para tamu yang datang ke Asahi Ryokan memiliki pilihan membayar hanya 100 yen (sekitar Rp12 ribuan) per hari untuk bermalam, namun dengan syarat ‘ajaib’: kehidupan mereka akan direkam dalam video yang disiarkan secara langsung di internet.

Tentu saja yang dipertontonkan akan dibatasi. Dikutip dari CNN Travel, Inoue mengatakan kalau yang disiarkan hanyalah gambar, sehingga percakapan tamu tidak akan terdengar.

Pengalaman para tamu direkam dan disiarkan melalui saluran YouTube milik Asahi Ryokan bernama One Dollar Hotel. Tamu juga tetap diperkenankan mematikan lampu. Selain itu, area kamar mandi juga di luar jangkauan kamera.

image0
Kamar di Asahi Ryokan. (Foto: Hotels.com)

"Ini adalah ryokan yang sangat tua dan saya sedang mencari model bisnis baru," kata Inoue, yang mulai menjalankan hotel tahun lalu, seperti dikutip CNN Indonesia dari CNN Travel pada Kamis (21/11).

Inoe juga menambahkan, Hotel yang ia kelola merupakan penginapan murah, sehingga perlu nilai tambah, sesuatu yang istimewa yang akan dibicarakan semua orang.

Sejak diumumkannya penawaran atau aturan baru hotel tersebut pada bulan lalu, Inoe menuturkan baru empat tamu yang telah menerima tawaran itu. "Kaum muda saat ini tidak terlalu peduli dengan privasi," tambah Inoue.

"Beberapa dari mereka mengatakan tidak apa-apa untuk [diawasi] hanya untuk satu hari," cerita Inoue.

Mungkin orang-orang banyak bertanya mengenai bagaimana sebuah hotel dengan tarif murah bisa mendapatkan keuntungan? Ini juga yang menjadi pertanyaan Inoe ketika ingin mengembangkan bisnisnya, hingga ia mendapat ide bahwa dengan siaran langsung di Youtube ia akan mendapatkan uang. Maka dibuatnyalah saluran YouTube miliknya, yang sampai saat ini telah diikuti oleh 1.000 orang.

Setelah terakumulasi lebih dari 4.000 jam tayangan, ia akan dapat menempatkan uang iklan.

Bagaimana jika kamar sedang tidak disewa tamu? Inoue akan mengunggah siaran langsung saat dirinya bekerja.

Ia akan memasang ‘tanda’ dalam bahasa Jepang dan Inggris di depan kamera untuk memberi tahu penonton jika dirinya sedang keluar ruangan.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk menginap di hotel ini saat liburan ke Fukuoka nanti?

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...