HTI Dibubarkan Pemerintah, Banyak Yang Bertanya Kenapa Baru Sekarang?
Foto: alkhoirot.com

HTI Dibubarkan Pemerintah, Banyak Yang Bertanya Kenapa Baru Sekarang?

Jumat, 12 Mei 2017 | 15:09 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Keputusan pemerintahuntuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) karena dianggap sebagai organisasi masyarakat (ormas) yang anti-Pancasila. Berbagai reaksi pun muncul terkait pembubaran tersebut. Dan mengapa baru sekarang HTI dibubarkan?

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soedarmo membeberkan alasan pemerintah membubarkan HTI karena situasi yang semakin memanas, sejumlah penolakan-penolakam terhadap HTI seringkali terjadi.

"Karena sekarang situasi sudah semakin memanas, penolakan dari masyarakat (pada HTI) sudah cukup masif," ujar Soedarmo di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017).

Tak hanya itu, Soedarmo menyartakan, pemerintah telah mencium gerakan bawah tanah HTI yang dapat membahayakan keamanan negara yakni berupa strategi, metode, termasuk ada strategi mulai dari tahap awal perekrutan sampai nanti perebutan kekuasaan. "Gerakan bawah tanah kita sudah dapatkan ada strategi ada metode yang dilakukan persis seperti gerakan Gafatar," tuturnya.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Menkopolhukam Wiranto secara membubarkan HTI. Dibubarkannya HTI karena dianggap sebagai ormas anti-Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...