(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hubungan Diplomatik Arab Saudi dan Kanada Memanas

Rusmanto
Rusmanto

Hubungan Diplomatik Arab Saudi dan Kanada Memanas istimewa

WinNetNews.com - Ketegangan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Kanada berdampak pada pembekuan perjanjian kerja sama di bidang perdagangan dan investasi. Namun, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tidak gentar menuntut pembebasan para aktivis meski dituding ­mencampuri penegakan hak asasi manusia (HAM) di Arab Saudi.

Di lain hal, Arab Saudi kini tengah mempertimbangkan sejumlah langkah hukum untuk menindaklanjuti sikap Kanada yang mengkritik secara keras dan terbuka kebijakan kerajaan terhadap para aktivis HAM.

Akibatnya, ketegangan kedua negara kian meningkat setelah Riyadh mengusir duta besar Kanada dan menarik kembali utusan mereka di Ottawa. Tidak sampai di situ, kegeraman Arab Saudi turut berimbas pada relokasi ribuan pelajar di Kanada dan penangguhan penerbangan dari dan menuju Kanada.

“Kanada selalu berkomitmen menyuarakan persoalan HAM dengan lantang, baik secara pribadi maupun di ranah publik. Kami tidak berharap hubungan dengan Arab Saudi memburuk. Kami mengakui sudah ada kemajuan kebijakan HAM di Arab Saudi,” tutur Trudeu di Ottawa, Kamis (9/8).

Pihaknya, lanjut Trudeu, berupaya menyelesaikan kekisruhan tersebut melalui pembicaraan diplomatik. Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada Chrystia Freeland telah bertemu Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir untuk berbicara dengan intens. “Pembicaraan diplomatik akan terus berlanjut,” imbuhnya.

Di balik dukungan terhadap perjuangan para aktivis HAM, Kanada tampaknya ingin meredam bara panas. Sayangnya, Arab Saudi masih sulit menemukan titik damai dengan Kanada. Pada Rabu (8/8) waktu setempat, kantor berita Arab Saudi menginformasikan langkah kerajaan untuk menghentikan semua program perawatan medis di Kanada.

Bank sentral Arab Saudi bahkan telah menginstruksikan manajer investasi di luar negeri untuk melepas seluruh ekuitas asal Kanada, obligasi, hingga cash holding.

Akan tetapi, Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih menegaskan perselisihan kedua negara tidak akan memengaruhi investasi BUMN migas, Saudi Aramco, di Kanada sebab pengelolaan migas di negara itu terlepas dari intervensi politik. (mediaindonesia)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});