Hubungan Romantis dan Harmonis Berdampak Positif Bagi Pasien Kanker Payudara
ilustrasi

Hubungan Romantis dan Harmonis Berdampak Positif Bagi Pasien Kanker Payudara

Kamis, 11 Jun 2020 | 06:52 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Siapa yang tidak ingin memiliki hubungan harmonis dengan pasangannya? Faktanya, memiliki hubungan romantis dan harmonis mendatangkan banyak manfaat bagi setiap aspek, termasuk psikologis pasien kanker payudara. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pengaruh hubungan harmonis pada pasien kanker payudara

image0

Sembuh dari kanker payudara bukan berarti tidak dapat lepas dari risiko munculnya kembali kanker tersebut. Para pasien yang sudah sembuh dari kanker payudara dengan peningkatan peradangan di tubuhnya ternyata memiliki risiko lebih besar. 

Peradangan yang dialami pasien kanker payudara bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti ketika dihadapkan oleh diagnosis kanker dan perawatan yang mereka jalani. Namun, dengan mengurangi tingkat stres yang ada di tubuh mereka, ternyata cukup bermanfaat pada kesehatan pasien secara keseluruhan. 

Salah satu faktor yang dapat mengurangi tingkat stres adalah dengan mempunyai hubungan harmonis. Manfaat dari hubungan harmonis yang dimiliki oleh pasien kanker payudara ternyata berpengaruh terhadap psikologis mereka. 

Hal ini dibuktikan oleh peneliti dari jurnal Psychoneuroendocrinology. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa penyintas kanker payudara yang puas dalam hubungannya memiliki tingkat stres psikologis lebih rendah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...