Skip to main content

Hujan di Nepal Membahayakan Danau di Sekitar Everest

Hujan di Nepal Membahayakan Danau di Sekitar Everest
Hujan di Nepal Membahayakan Danau di Sekitar Everest

WinNetNews.com - Tentara Nepal mengatakan telah selesai menguras danau glasial yang berbahaya di dekat Gunung Everest ke tingkat yang aman.

The Imja danau glasial, mencapai hampir 5.000 m (16,400ft) tingginya, berada dalam bahaya banjir pemukiman hilir, trekking jalan dan jembatan.

Danau, yang semula 149m jauh di dalam tempat, memiliki tingkat airnya yang menurun dengan 3.4m setelah beberapa bulan bekerja dengan penderitaan yang engintai, kata para pejabat.

Imja adalah salah satu dari ribuan danau glasial di Himalaya.

Banyak danau dikatakan telah terisi cepat karena pencairan dari gletser di tengah meningkatnya suhu global. Gempa tahun lalu di Nepal juga dikhawatirkan dapat telah memengaruhi kestabilan Danau Imja.

Militer mengatakan proyek untuk membuatnya lebih aman adalah proyek pembuangan air paling tinggi dari jenisnya, dengan personil tentara dan orang Sherpa yang bekerja selama enam bulan untuk membangun jalan keluar secara bertahap melepaskan air.

Setelah saluran keluar dibangun, hampir 4m meter kubik air dilepaskan - dalam sebuah proses yang memakan waktu dua bulan.

Top Khatri, manajer proyek dengan departemen hidrologi dan meteorologi, mengatakan kepada BBC proses kini akan diterapkan pada danau lain.

"Ini adalah proyek percontohan yang kami telah selesai tanpa insiden yang menyedihkan dan sekarang model ini akan ditiru untuk mengurangi risiko di danau glasial lain juga," kata Mr Khatri.

Proyek ini juga cukup menantang karena salju lebat dan bahayanya bekerja di ketinggian. Para pejabat mengatakan tim hanya bisa bekerja dengan aman selama beberapa jam setiap hari.

"Kami menderita beberapa tingkat stres dan kelelahan karena kami bekerja di daerah ketinggian dan lokasi yang ekstrim," Letnan Kolonel Bharat Shrestha, yang memimpin tim militer, mengatakan kepada BBC dari wilayah Everest.

"Pada awalnya, beberapa orang harus diungsikan karena mereka menderita sakit akibat ketinggian yang tinggi namun secara bertahap kita semua acclimatised diri ke tempat ini."

Pengeringan danau adalah bagian dari proyek PBB untuk membantu Nepal kesepakatan dengan dampak perubahan iklim. PBB diberikan hampir $ 3 juta dalam membiayai untuk menurunkan kadar air danau.

sistem peringatan dini juga telah dipasang untuk masyarakat hilir.

Namun, banyak orang Sherpa lokal terlalu merasa banyak perhatian telah diberikan kepada Imja, dengan laporan media alarmis bahwa penduduk setempat merasa panik, sedangkan postingan danau glasial lain diabaikan oleh pejabat.

"Kita hidup dalam ketakutan bahwa kita mungkin akan terkejut saat terkena banjir dari danau glasial yang menjadi berbahaya tetapi belum menerima perhatian," kata Nimji Sherpa, pemimpin di desa Thamo.

Danau glasial telah rusak tepian danau di Nepal lebih dari 20 kali sejak awal 1960-an. Tiga insiden yang telah terjadi di sekitar wilayah Everest.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top