Hujan Es Sebesar Kelereng Melubangi 695 Atap Rumah Warga di Aceh Tengah

Hujan Es Sebesar Kelereng Melubangi 695 Atap Rumah Warga di Aceh Tengah

Rabu, 10 Jul 2019 | 15:00 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Belakangan cukup banyak terjadi fenomena cuaca ekstrim di tanah air. Salah satunya yang terjadi di Kecamatan Jagong Karet, Aceh Tengah yaitu hujan es yang mengakibatkan 695 rumah warga setempat rusak.

Warta dari Kompas menyebutkan hujan es tersebut rata-rata berbentuk bulat dan sebesar kelereng. Hujan es tersebut berlangsung selama kurang lebih 10 menit, menyebabkan atap seng ruma warga berlubang. Tanaman seperti kopi, cabai dan bawang merah pun ikut rusak.

"Data terakhir yang kami dapatkan, rumah yang rusak di Kampung Bukit Kemuning berjumlah 38 rumah, sementara Paya Tungel 181 rumah, Jeget Ayu 162 rumah, Paya Dedep 129 rumah, Jagong Jeget 185 rumah, total 695 rumah," kata Kepala BPBD Aceh Tengah, Thamrin Elashri, Rabu (10/7/2019).

Lebih lanjut, Thamrin mengatakan, rata-rata yang rusak adalah bagian dapur di rumah warga. Kebanyakan rumah yang rusak menggunakan atap seng yang sudah tua atau kedaluwarsa.

Diberitakan sebelumnya, hujan disertai angin kencang melanda sejumlah desa di kawasan tersebut, Minggu (7/7/2019) siang.

image0

"Hujan es ini terjadi sekitar pukul 14.15 WIB, sekitar 10 menit, ketika saya baru pulang ke rumah karena ada urusan di luar. Hujan es ini datang sekalian dengan angin kencang," kata salah seorang warga, Suprihono (42).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...