(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hujan Meteor Geminid Diperkirakan Akan Terjadi 13-14 Desember 2018

Rusmanto
Rusmanto

Hujan Meteor Geminid Diperkirakan Akan Terjadi 13-14 Desember 2018 ilustrasi

WinNetNews.com - Fenomena langit pada Desember ini akan muncul. Hujan meteor Geminid akan menghiasi langit pada 13-14 Desember 2018. Hujan meteor Geminid edisi 2018 diprediksi menjadi hujan meteor terbaik tahun ini. Per jam diperkirakan ada 50-120 meteor yang melesat per jam saat puncak hujan tersebut.

Dikutip dari laman Mirror, Kamis 13 Desember 2018, fenomena alam ini bisa disaksikan dari berbagai belahan dunia dan bisa disaksikan tanpa membutuhkan alat yang khusus dan rumit. Meteor dalam hujan Geminid ini akan melintasi langit dengan kecepatan sekitar 78.000 mil per jam.

Kendati begitu hujan meteor jenis ini tidak menimbulkan risiko berbahaya bagi Bumi. 

Hujan meteor ini disebabkan oleh asteroid selebar tiga mil yang disebut 3200 Phaethon. Batu antariksa ini melintasi Bumi setiap 523 hari.

Asteroid ini pernah berada dekat dengan Matahari, sehingga suhunya memanas hingga 800 derajat celsius, kemudian terbang melewati orbit Bumi dan melepas material dari permukaannya. Potongan-potongan kecil ini terbakar di atmosfer, memberi kesan indah.

Asteroid 3200 Phaethon diidentifikasi terbuat dari logam dan batu. Meski begitu, ada perdebatan dengan beberapa ilmuwan, mereka mengatakan asteroid ini merupakan sebuah komet yang sudah punah, tidak lagi memiliki es dan ekor.

Saat ini sudah banyak aplikasi astronomi di ponsel yang dapat menunjukkan arah datangnya hujan meteor. Namun untuk kali ini masyarakat disarankan untuk melihatnya dari arah selatan.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Siap-siap, Saksikan Hujan Meteor Terbaik Tahun Ini"
 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});