Hyundai Berencana Produksi Mobil Secara Penuh di Indonesia

Hyundai Berencana Produksi Mobil Secara Penuh di Indonesia ilustrasi

WinNetNews.com - Merek mobil asal Korea Selatan Hyundai dikabarkan bakalan membangun pabrik mobilnya lagi di Indonesia. Pabrik ini bukan yang pertama, Hyundai sebelumnya sudah memiliki pabrik perakitan H-1 di RI. 

Namun untuk pabriknya terbarunya ini kabarnya Hyundai tak hanya sekadar merakit saja melainkan juga memproduksi secara penuh. 

"Hyundai jadi, confirm, kira-kira sekitar 500an lebih juta dolar. Ya lagi dikerjain, kan kemarin sudah tanda tangan, pre work sudah dimulai, tinggal realisasinya harapannya nanti jadi basis ekspor, ASEAN minimal," ungkap Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara di Jakarta. 

Kukuh menyebut Hyundai setidaknya akan memproduksi 160.000 unit mobil setiap tahunnya. 

"Pabrik belum tahu (dibangun di mana), (mereka sudah punya) tapi kecil. Full manufacturing, lebih besar," tambahnya. 

Pihak Hyundai sendiri masih belum mau berkomentar terkait hal ini. Saat dihubungi, Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia Mukiat Sutikno masih menyimpan rapat-rapat informasi soal pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia. 

"Saya masih belum bisa konfirmasi. Belum ada info resmi dari mereka jadi saya tidak bisa jawab dulu nih," Mukiat.

Sebelumnya diberitakan Menteri Perindustrian membocorkan Hyundai bakal membangun pabrik di Indonesia. Hyundai juga kabarnya meminta lahan gratis untuk membangun pabriknya itu ke pemerintah. (detikcom)