I Nyoman Nuarta Terima Penghargaan dari Presiden India
istimewa

I Nyoman Nuarta Terima Penghargaan dari Presiden India

Rabu, 4 Apr 2018 | 15:19 | Rusmanto

WinNetNews.com - Pematung asal Bali, Indonesia, I Nyoman Nuarta, menerima penghargaan Padma Awards 2018 dari Presiden India, Shri Ram Nath Kovind pada Senin, 2 April 2018 di New Delhi.

Padma Awards merupakan salah satu penghargaan sipil tertinggi India yang diumumkan setiap tahun pada perayaan Republic Day. Penghargaan ini diberikan untuk individu yang dianggap berjasa di semua bidang kegiatan, disiplin ilmu, dan pengetahuan yang melibatkan layanan publik.

Menurut keterangan dari KBRI New Delhi melalui akun Twitter resminya, Nyoman Nuarta dianugerahi Padma Awards karena karya-karyanya dianggap memiliki nilai seni tinggi.

Upacara penyerahan dilangsungkan di Istana Kepresidenan India, Rashtrapati Bhavan, dan dihadiri oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi dan Wakil Presiden India M. Venkaiah Naidu.

"Bapak Nyoman Nuarta, seniman Indonesia asal Bali menerima penghargaan Padma Award atas kontribusi dan prestasinya dalam dunia seni rupa, Rashtrapati Bhavan, New Delhi (2/4)," tulis @KBRI_NewDelhi pada 3 April 2018.

 

 

Selain itu, foto pemahat kelahiran Tabanan, Bali, 14 November 1951 itu juga terpampang di akun Twitter Presiden India.

"Presiden Kovind memberikan Padma Shri kepada Shri Nioman Nuarta yang berjasa di bidang seni. Para pematung Indonesia dikenal karena mahakarya mereka yang luar biasa, seperti Tuan Nuarta, Garun, Wishnu, dan Cancana (didedikasikan untuk Wishnu). Dia (Nuarta) adalah salah satu pelopor gerakan seni inovatif di Indonesia," tulis akun @rashtrapatibhvn.

 

 

I Nyoman Nuarta adalah salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru (New Art) yang dikenal lewat mahakaryanya, seperti Patung Garuda Wisnu Kencana di Bandung dan Bali, Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya, dan Monumen Proklamasi Indonesia di Jakarta.

Sejak namanya dikenal, I Nyoman Nuarta, yang merupakan alumni ITB tahun 1979, telah menghasilkan lebih dari seratus karya seni patung. Semua karyanya menggambarkan seni patung modern sampai gaya naturalistik, dan material yang digunakan dalam padatan patungnya adalah tembaga dan kuningan. (liputan6)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...