Ibas Desak Pemerintah Bergerak Cepat Cegah Covid-19 Varian Omicron

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 5 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ibas Desak Pemerintah Bergerak Cepat Cegah Covid-19 Varian Omicron
Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas)

Winnetnews.com -  Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mendesak pemerintah untuk bergerak cepat mencegah Covid-19 varian Omicron masuk ke Indonesia.

“Jangan sampai Indonesia mengalami keterlambatan pencegahan maupun penanganan seperti sebelumnya. Diketahui, saat ini ada beberapa negara, bahkan sudah menutup pintu kedatangan bagi para pendatang dari Afrika atau negara-negara yang telah terinveksi varian tersebut,” kata Ibas dalam keterangannya, Minggu (28/11).

Ibas mengatakan pemerintah perlu mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 dengan cepat dan tepat. Pasalnya, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan kasaus Covid-19 yang saat ini melandai bisa kembali naik secara drastis.

“Kita lihat negara-negara Afrika, Eropa, bahkan Hongkong hari ini tengah alami badai tersebut,” tutur anggota Komisi VI DPR ini.

Selain itu, Ibas juga meminta pemerintah mengantisipasi timbulnya kerumunan masyarakat akibat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), terutama di kawasan wisata.

“Belum lagi soal keterlambatan distribusi vaksin tahap satu dan dua yang bisa menghambat pembentukan kekebalan komunitas,” imbuhnya.

Ia menilai, keterbatasan anggaran pemerintah mengakibatkan kurang idelanya kebijakan pengendalian pandemi. Namun, menurutnya yang terpenting saat ini adalah kerja sama seluruh pihak untuk mempercepat penanganan pandemi.

“Apalagi terkesan negara tetap dual track dalam pembangunan infrastruktur dan program pemulihan ekonomi nasional, mengingat anggaran cukup terbatas. Meskipun demikian, orang santun mengatakan, tidak peduli seberapa lambat anda berjalan, selama Anda tidak berhenti,” tegas Ibas.

“Kerja sama antar pihak juga perlu untuk ditingkatkan sebagai upaya pengendalian pandemi. perluasan kerja sama antara pemerintah, bisnis, dan masyarakat dalam bersama mengendalikan pandemi dan memulihkan perekonomian Indonesia. Kita harus ingat, keyakinan, keberanian, dan semangat yang teguh, sangat penting untuk bertahan dari masa-masa yang sulit,” pungkasnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...