Ibu Hamil Dilarang Makan Mie Instan, Ini Alasannya

Rusmanto
Rusmanto

Ibu Hamil Dilarang Makan Mie Instan, Ini Alasannya ilustrasi
Winnetnews.com - Siapa yang bisa menahan keinginan untuk makan mi instan? Makanan yang bisa dengan mudah didapatkan di Indonesia ini memang memiliki rasa yang sangat nikmat. Hanya saja, apakah benar jika ibu hamil sebaiknya tidak sekalipun mengonsumsi mi instan selama mengandung? Berikut adalah faktanya.

Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Mi Instan

Tak hanya nikmat, mi instan sebenarnya termasuk dalam makanan yang bisa mengenyangkan perut. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kalori yang cukup tinggi.

Sayangnya, pakar kesehatan menyebut mi instan sebagai makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang cenderung rendah. Padahal, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi demi memastikan bayi di dalam kandungannya tumbuh dan berkembang dengan baik.

Apa yang dikonsumsi ibu hamil akan memberikan pengaruh secara langsung pada kondisi janin di dalamnya. Karena alasan inilah sebaiknya mereka memastikan bahwa pola makan sehari-hari yang diadopsi sehat. Mengingat di dalam mi instan cenderung tinggi kandungan bahan penyedap atau bahan pengawet, pakar kesehatan tidak menyarankan ibu hamil untuk makan mi instan.

Di dalam mi instan terdapat kandungan garam yang cenderung tinggi. Jika sampai mereka sering makan mi instan, dikhawatirkan akan membuat tekanan darahnya naik. Padahal, jika sampai ibu hamil terkena preeklampsia, tekanan darah tinggi saat kehamilan, risiko mengalami kematian saat melahirkan atau pasca persalinan akan meningkat.

Hanya saja, jika ibu hamil sangat ingin makan mi instan, mengonsumsinya satu kali dalam sebulan dianggap masih aman untuk dilakukan, meskipun memang sebaiknya jika bisa benar-benar tidak memakannya sama sekali saat hamil.

Apa Reaksi Kamu?