Ibu Hamil Gemar Makan Ikan Laut, Buat Otak Anak Lebih 'Encer'

Ibu Hamil Gemar Makan Ikan Laut, Buat Otak Anak Lebih 'Encer'

Sabtu, 23 Jan 2016 | 14:42 | Yudha Raditya
WinNetNews.com - Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti Spanyol, ketika seorang ibu hamil gemar mengonsumsi ikan laut setidaknya tiga porsi besar per minggu, maka otak anak akan mendapatkan manfaat. Disebut bahwa anak akan memiliki nilai kemampuan otak yang lebih baik pada ibu yang paling gemar makan ikan.

Hal ini dibuktikan setelah pemimpin studi Jordi Julvez dari Center for Research in Environmental Epidemiology melihat data dari 2.000 pasangan ibu dan anak. Data diteliti sejak trimester kehamilan pertama terus sampai anak mencapai usia lima tahun.

Dilaporkan dalam American Journal of Epidemiology, peneliti melihat bahwa rata-rata ibu hamil dalam studi mengonsumsi 500 gram ikan per minggu. Nah pada ibu hamil yang mengonsumsi lebih dari itu, untuk setiap tambahan konsumsi 10 gram dari rata-rata terlihat skor anaknya kelak juga lebih tinggi ketika dites perkembangan neuropsikologisnya.

Manfaat tersebut dikatakan oleh Julez terlihat sampai maksimal konsumsi ikan mencapai sekitar 600 gram per minggu. Lebih dari itu tak ada tambahan skor kemampuan anak yang berarti.

Penelitian ini semakin menguatkan pentingnya asupan gizi, terutama ikan untuk ibu hamil.

Julvez menyadari bahwa terkadang ibu hamil mungkin masih ragu untuk mengonsumsi ikan karena khawatir keracunan polutan seperti merkuri misalnya yang dulu pernah membuat geger. Namun ketika ibu hamil dalam studi diperiksa, peneliti tidak menemukan adanya cemaran merkuri atau polutan lainnya yang berarti jumlah konsumsi 600 gram masih bisa dikatakan aman.

"Makanan laut terkenal sebagai sumber nutrisi penting untuk perkembangan otak, tapi di saat yang bersamaan makanan laut bisa juga mengakumulasi merkuri dari lingkungan yang bersifat neurotoksin," papar Julez seperti dikutip dari Reuters.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...