Ibu Kota Geser, Kementerian PUPR Bakal Jadi yang Pertama Pindah
Basuki Hadimuljono (foto: WowKeren.com)

Ibu Kota Geser, Kementerian PUPR Bakal Jadi yang Pertama Pindah

Rabu, 13 Nov 2019 | 15:42 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Rencana pemindahan ibu kota memang semakin matang. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dikabarkan bakal menjadi kementerian pertama yang pindah ke ibu kota baru.

“Ada 1,5 juta kepala orang yang akan pindah ke ibu kota pada 2024, kementerian yang pertama pindah adalah Kementerian PUPR. Jumlah ini diyakini cukup untuk memnuhi kebutuhan air bersih di sana,” kata Basuki Hadimuljono saat menghadiri Rapat Terbuka Senat Universitas Brawijaya Pengukuhan Profesor, seperti dikutip dari Okezone, Rabu (13/11).

image0
Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (foto: Travel Kompas)

Sebelumnya, Jokowi telah memantenkan bahwa ibu kota Jakarta dipindah ke daerah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pemindahan ini, menurut penuturan Jokowi, tidak bisa dilakukan dalam sekali lahap, melainkan harus melalui proses bertahap.

Rencana zonasi pemindahan ibu kota negara akan dilakukan bertahap dalam kurun waktu 25 tahun. Hal ini dibenarkan oleh Kementerian PPN/Bappenas melalui akun Instagram resmi mereka.

“Proses pemindahan ibu kota akan dilakukan dengan beberapa tahapan. Rencana zonasi dan tahap pembangunan kawasan ibu kota negara rencananya akan dilangsungkan dalam 15 tahun ke depan,” tulis akun Instagram Bappenas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...