(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Idap Kanker Paru, Sutopo Selalu Setia Beri Informasi Bencana

Cindy
Cindy

Idap Kanker Paru, Sutopo Selalu Setia Beri Informasi Bencana Foto:Istimewa

WinNetNews.com- Nama Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadi salah satu orang yang penting dalam menyampaikan informasi penting.  Sutopo adalah orang yang setia melayani setiap konfirmasi awak media berkaitan dengan bencana. Ternyata dibalik perannya tersebut, Sutopo juga memiliki keterbatasan.

Selain kondisi di lapangan, kondisi fisiknya yang semakin menurun juga mempengaruhi kinerjanya dalam memberikan informasi. Seperti yang diketahui, Sutopo saat ini masih berjuang melawan penyakit kanker paru-paru stadium 4B.

"Saat bencana, apalagi jumlah korban dan dampak bencananya besar seperti gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, seperti ini. Pasti media, masyarakat, dan lainnya meminta saya terus menyampaikan update data," kata Sutopo dalam keterangannya. 

Selain itu, Sutopo juga menjelaskan jika ia tidak tahu banyak nomor telpon dari mana, banyak masyarakat yang menanyakan kepada dirinya tentang orangtuanya, anak, saudara, kerabat, teman dan lainnya yang belum dapat dihubungi sampai saat ini di tempat bencana sana. 


Sutopo hanya mengatakan supaya semua pihak harus sabar melayani dan menjelaskan semuanya. "Harus sabar, telaten dan membesarkan hati masyarakat yang kehilangan saudaranya. Komunikasi memang lumpuh. Saya sendiri kesulitan mencari data," kata Sutopo. 

Sutopo juga menyampaikan permohonan mohon maaf jika dirinya tidak dapat menjawab pertanyaan lisan dan tulisan satu per satu.

"Kondisi saya masih sakit. Masih pemulihan dari kanker paru-paru. Fisik rasanya makin lemah. Nyeri punggung dan dada kiri menyakitkan. Rasa mual, ingin muntah, sesak napas, daan lainnya saya rasakan. Bahkan tulang belakang saya sudah bengkok karena tulang terdorong massa kanker, makanya jalan saya miring," tambah Sutopo. 

Namun Sutopo berjanji akan tetap melakukan konpresensi pers setiap hari selama darurat ini.  Sutopo menjelaskan dirinya masih bisa menolak wawancara dengan media. "Tapi dengan masyarakat yang kehilangan saudaranya saat ini saya harus menjelaskan dan membantu dengan sabar," tambah Sutopo. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});