Identitas Gloria Terungkap Saat Pemeriksaan Paspor Paskibraka Istana

Identitas Gloria Terungkap Saat Pemeriksaan Paspor Paskibraka Istana

Selasa, 16 Agt 2016 | 14:13 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Identitas Gloria Natapradja Hamel terungkap seminggu setelah ia lolos masuk menjadi Pasikan Pengibar Bendera di Istana Negara.

Sudah banyak proses seleksi yang ia lewati, mulai dari tingkat sekolah, kota, provinsi dan nasional, namun setelah lolos dari berbagai seleksi, ia digugurkan karena alasan memiliki kewarganegaraan ganda.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjelaskan bahwa seleksi calon Paskibraka dilakukan di tingkat II atau kota/kabupaten. Setelah seleksi tingkat itu, dilanjutkan ke tingkat I atau provinsi.

Di tingkat provinsi, akan dipilih empat orang, terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan untuk mengikuti lagi seleksi di tingkat nasional.

Sedangkan pemerintah pusat hanya menerima hasil seleksi dari berbagai daerah dan provinsi saja.

Identitas kewarganegaraan Gloria pun terungkap saat pemeriksaan paspor masing-masing calon Paskibraka. Karena setelah pengibaran bendera 17 Agustus, mereka akan diikutkan ke dalam kegiatan duta belia di mana mengunjungi Paskibraka negara sahabat.

"Nah, barulah muncul persoalan di situ, ternyata paspor si Gloria itu paspor Perancis," ujar Imam.

Sesuai UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan, seseorang yang memiliki paspor negara lain, maka status kewarganegaraan Indonesia dia berarti gugur.

Walaupun begitu, Gloria tetap diizinkan untuk tetap hadir saat pengibaran bendera di Istana Negara.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...