IDI Dorong Pemerintah Kembali Wajibkan Pemakaian Masker di Luar Ruangan

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 6 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

IDI Dorong Pemerintah Kembali Wajibkan Pemakaian Masker di Luar Ruangan
Warga berwisata di Jalan Malioboro, Yogyakarta (Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

Winnetnews.com -  Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) merekomendasikan pemerintah untuk kembali mewajibkan pemakaian masker di luar ruangan atau area terbuka.

Satgas Waspada dan Siaga Covid-19 PB IDI Erlina Burhan menjelaskan rekomendasi tersebut merespons kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia dalam beberapa hari terakhir. 

"Pemakaian masker di ruang terbuka kembali dianjurkan," kata Erlina dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa (21/6).

Menurut Erlina, kebijakan Covid-19 harus dinamis menyesuaikan dengan kondisi terkini. Ia juga mendorong pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang mulai abai dengan protokol kesehatan karena menganggap pandemi sudah terkendali.

"Dalam kondisi saat ini, kami dari PB IDI meminta agar tetap gunakan masker meski di ruang terbuka apalagi di ruang tertutup," kata dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan masyarakat tak lagi wajib menggunakan masker di luar ruangan. Namun, Jokowi mengingatkan penggunaan masker tetap wajib jika berada di ruangan tertutup.

"Pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka atau tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak pakai masker," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5).

Selain kegiatan di dalam ruangan, Jokowi juga menegaskan penggunaan masker tetap wajib saat naik transportasi umum.

"Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," kata Jokowi.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...