IFC Sebut Tulisan Haris Azhar Dorong Perbaikan Hukum

IFC Sebut Tulisan Haris Azhar Dorong Perbaikan Hukum

Jumat, 12 Agt 2016 | 14:23 | Zaenal Arifin
 Jakarta, Winnetnews.com -  Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Indonesia Focal Point, menyatakan tulisan Koordinator Kontras Haris Azhar mendorong terjadinya perbaikan hukum dalam rangka revolusi sistem penegakan hukum di Indonesia.

Siaran pers Indonesia Focal Point di Jakarta, Jumat (12/8/2016), menyebutkan, pengungkapan Haris Azhar atas kejahatan yang diduga melibatkan institusi penegak hukum Indonesia, menunjukan tentang "bobroknya" sistem penegakan hukum Indonesia.

Untuk itu, situasi ini dinilai harus bisa mendorong perbaikan sistem penegakan hukum di Indonesia dalam menyelesaikan kasus-kasus kejahatan, terutama mengenai kejahatan korporasi yang melibatkan tidak hanya institusi penegak hukum, melainkan juga pejabat pemerintahan.

Bagi Indonesia Focal Point, hal ini harus dapat menjadi momentum untuk terus mengungkapkan ketidakadilan atas praktik eksploitasi dan kontrol korporasi atas sumber daya alam Indonesia yang selama ini telah melakukan berbagai pelanggaran terhadap hak-hak rakyat seperti perampasan lahan dan pengrusakan lingkungan.

LSM tersebut menyatakan kebebasan berekspresi dan berpendapat dalam mengungkapkan kejahatan, harus menjadi fondasi utama dalam perbaikan sistem penegakan hukum di Indonesia, khususnya penegakan hukum terhadap korporasi yang selama ini tidak pernah tersentuh hukum.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...