Iklan KFC China Tuai Kritikan Netizen Karena Diduga Plagiat MV Blackpink
Foto: Allkpop

Iklan KFC China Tuai Kritikan Netizen Karena Diduga Plagiat MV Blackpink

Senin, 15 Jul 2019 | 15:17 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - KFC di China baru-baru ini menuai banyak kritik dari netizen Korea. Pasalnya, mereka baru saja merilis iklan produk terbaru yang dituding menjiplak konsep dari MV "DDU-DU DDU-DU" BLACKPINK.

Dilansir dari Allkpop, media Taiwan, ET Today melaporkan bahwa KFC China merilis sebuah iklan promosi “Queen Majito” yang dirilis pada 1 Juli 2019. Iklan tersebut dituding memiki kemiripan dengan MV hit BLACKPINK “DDU-DU DDU-DU” yang dirilis pada tahun 2018 lalu.

Pertama, dalam iklan KFC tersebut ada seorang model perempuan dengan rambut hitam panjang yang digerai dengan mengenakan mahkota kecil berwarna pink di kepalanya. Dia tampak sedang bermain catur. Scene tersebut mirip dengan scene Jennie dalam MV “DDU-DU DDU-DU” di mana Jennie dengan penampilan rambut panjang berwarna hitam yang digerai terlihat sedang bermain catur. Ekspresi antara keduanya juga dianggap memiliki kemiripan dengan menampilkan pose dan emosi yang arogan.

image0

Kedua, background Iklan KFC didominasi dengan warna pink di mana dalam MV BLACPINK “DDU-DU DDU-DU” juga menampilkan background yang didominasi warna pink. Yang ketiga, dalam iklan KFC tersebut terdapat adegan dengan suasana ruang kelas dimana model iklan tersebut mengenakan baju berwarna hitam, dengan rambut yang di ikat ke atas. Scene ini dianggap mirip dengan scene Lisa yang berada di ruang kelas dengan mengenakan outfit berwarna pink dalam MV “DDU-DU DDU-DU”.

image1

Seorang sumber dari ET Today juga mengungkapkan, “Tidak ada perbedaan kecuali orangnya”. Sampai saat ini, KFC China masih belum membuka suara terkait iklan tersebut.

Sementara itu, banyaknya kemiripan antara Iklan KFC di China dengan MV BLACKPINK ini membuat netizen Korea geram. Sebagian netizen mengatakan meski mereka menjiplak konsep MV BLACKPINK, mereka tidak akan bisa menyaingi dampak popularitas BLACKPINK dan perolehan viewers MV mereka yang sudah meraih ratusan juta.

“Mereka tidak akan bisa menjiplak 900 juta viewers video-nya,” kata salah seorang netter.

“Itu bukan hanya kecurigaan, itu murni plagiarisme. Orang-orang China melakukannya,” ujar netter lainnya.

“Meskipun demikian, mereka tak bisa meniru dampak BLACKPINK,” seru netter lainnya.

“Aku tak bisa berkata apa-apa,” tutur netter lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...