Ikuti 10 Tips Ini Agar Buah dan Sayuran Tidak Mudah Busuk

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Ikuti 10 Tips Ini Agar Buah dan Sayuran Tidak Mudah Busuk
WinNetNews.com - Setiap ibu rrumah tangga ingin sayuran dan buah – buahan yang mereka simpan di dalam kulkas awet dan tahan lama. Namun ternyata ada kesahalan yang secara tidak sadar dilakukan oleh mereka. Sehingga banyak sayuran dan buah dibiarkan busuk berlama – lama dan membuat aroma tak sedap di dalam kulkas.

Agar hal tersebut tak terjadi, dilansir dari Popsugar ada beberapa tips agar sayuran dan buah yang kamu simpan tak mudah busuk di dalam kulkas:

1. Beberapa buah-buahan dan sayuran menghasilkan gas yang disebut ethylene saat sudah matang. Gas prematur ini dapat mematangkan makanan yang ternyata sensitif terhadap hal tertentu dan harus dijauhi dari makanan yang sensitive dengan etilena. Alpukat, pisang, melon, kiwi, mangga, dan tomat, misalnya, harus disimpan di tempat yang berbeda dari apel, brokoli, wortel, sayuran hijau, dan semangka.

2. Jauhkan kentang, bawang, dan tomat di tempat yang sejuk dan kering, tapi tidak di lemari es. Dingin akan merusak rasa mereka.

3. Simpanlah pir, kiwi, mangga, alpukat, melon, dan pisang di meja. Setelah matang, pindahkan ke lemari es. kulit pisang akan berubah menjadi cokelat gelap, tapi itu tidak akan mempengaruhi dagingnya.

4. Bagi yang menyukai salad, simpanlah salad sayuran atau buah yang kamu buat ditempat yang tertutup rapat.

5. Buah-buahan seperti jeruk, jeruk, lemon, dan jeruk nipis, bisa bertahan sampai seminggu di tempat yang sejuk dan gelap, jauh dari sinar matahari. Tapi jika diletakkan di dalam kulkas akan semakin awet, jangan lupa dimasukkan ke dalam kantung plastik yang sudah dibolongi ya.

6. Bungkus seledri dalam aluminium foil dan simpanlah di tempat sayuran di lemari es.

7. Jenis lain dari produk seperti wortel, selada, dan brokoli sangat ceoat rusak. Masukkan di plastik terpisah. Jika kamu memasukkan sayuran tersebut ke dalam lemari es, lebih baik konsumsi sayuiran – sayuran itu secepatnya.

8. Potong daun yang ada di atas buah nanas dan letakkan secara terbalik di dalam kulkas. Hal ini membantu mendistribusikan gula yang terpendam di dasar selama pengiriman dan juga membantu tetap manis.

9. Hindari mencuci buah sebelum mengkonsumsinya. Jika buah dalam keadaan basah, maka akan mempercepat datangnya jamur.

10. Jika kamu ingin mencuci, lalu keringkan, dan potonglah buah-buahan dan sayuran sekaligus, lalu simpanlah dalam wadah kaca tertutup dan di tutup kertas.agar dapat menjaga kelembabapan dari luar.

 

Apa Reaksi Kamu?