Ikuti Video TikTok, Gadis Kecil Ini Telan 23 Magnet & Sebabkan Ususnya Robek

Nurul Faradila

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 2 Menit

Ikuti Video TikTok, Gadis Kecil Ini Telan 23 Magnet & Sebabkan Ususnya Robek
Foto: Unsplash/Olivier Bergeron

Winnetnews.com -  Video yang beredar di TikTok memang sangat beragam, ada yang menghibur dan ada pula yang menimbulkan rasa penasaran untuk mengikutinya. Belum lama ini, seorang gadis kecil mencoba mengikuti salah satu video di platform media sosial tersebut.

Aksinya tersebut membuat ia harus dilarikan ke rumah sakit dan dioperasi. Pasalnya gadis berusia 6 tahun tersebut menelan 23 bola magnet yang sebelumnya digunakan oleh dia untuk membuat perhiasan boneka.

Bola-bola magnet yang sudah ditelannya, membuat usus anak tersebut robek. Ahli bedah Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris yang melakukan operasi mengatakan magnet tersebut dapat menyebabkan kondisi yang fatal, dikutip dari BBC.

Ibu dari anak ini, Tanith, mengatakan magnet tersebut digunakan oleh putrinya untuk meniru tindikan lidah yang ia lihat di TikTok.

Wanita yang berasal dari Lewes, Sussex Timur, Inggris, mengatakan putrinya memberi tahu ia kalau magnet tersebut terasa enak di mulut, ketika mereka sedang bermain bersama. Magnet yang sudah tertelan dilaporkan menggumpal di usus dan membuatnya luka.

telan magnet
Caption

Tanith menyadari ada hal yang salah pada putrinya, ketika gadis kecil itu mengeluh sakit perit dan muntah-muntah selama dua hari. Mereka pun segera pergi ke dokter umum. Saat kondisinya tidak membaik, ibu dan anak ini pergi ke Rumah Sakit Anak Royal Alexandra, di mana anak tersebut didiagnosis menderita radang usus buntu.

Namun saat ahli bedah memulai operasi untuk mengangkat usus buntunya, mereka malah menemukan untaian magnet yang menggumpal. Konsultan ahli bedah anak Costa Healy, mengatakan magnet dapat menyebabkan cedera yang mengubah hidup dan berpotensi fatal.

“Sebagian besar waktu kami melakukan tindakan tepat waktu untuk menyelamatkan kasus-kasu seperti ini, tetapi jika saya adalah orang tua dengan magnet jenis ini di rumah, saya akan menyingkirkan mereka,” ujarnya.

Untungnya gadis tersebut dapat diselamatkan dan kondisinya sudah pulih. Dia pun sejak pekan lalu telah diperbolehkan pulang.

“Dia telah menjalani operasi besar dan itu luar biasa baginya, dan dia memiliki bekas luka sepanjang 10 cm. Itu bisa saja jauh lebih buruk, tidak ada kerusakan permanen. Kami sedang melihat kemungkinan dia membutuhkan stoma,” jelas ibunya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...