Illegal Fishing Bikin Jumlah Nelayan RI Turun

Gunawan Wibisono
Senin, 01 Agustus 2016 14:30 WIB
Oleh Gunawan Wibisono pada Senin, 01 Agustus 2016 14:30 WIB
Image Illegal Fishing Bikin Jumlah Nelayan RI Turun

WinNetNews.com - Illegal Fishing ternyata jadi momok buat para nelayan di Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat adanya penurunan jumlah nelayan di Indonesia. Di tahun 2003 jumlah nelayan di Indonesia tercatat sebanyak 1,6 juta yang tersebar di seluruh wilayah pesisir, namun jumlah nelayan per tahun 2013 tercatat turun setengahnya atau sebanyak 800.000.

Penurunan jumlah nelayan di Indonesia terjadi bukan karena berkurangnya ikan di laut Indonesia, tapi dikarenakan adanya Unreported and Unregulated Fishing (IUU Fishing) di Indonesia. Kejahatan IUU Fishing juga dianggap dapat memicu kejahatan lainnya seperti perdagangan manusia hingga perbudakan Anak Buah Kapal (ABK).

"Penurunan jumlah nelayan tercatat sebanyak 1,6 juta pada tahun 2003 dan hanya 800.000 pada tahun 2013. Tahun 2014 kemungkinan turun tapi mudah-mudahan dengan pelarangan illegal fishing bisa berkembang. Illegal fishing ini merupakan suatu hal yang perlu diperangi dan musuh penting. Kita harus lawan karena ini pintu masuk bagi kejahatan lainnya," terang Koordinator Staf Khusus Satgas 115 Mas Achmad Santosa dalam acara Tax-Economic Crime Workshop in Fisheries Sector di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (1/8).

Satgas 115 yang bertugas memerangi IUU fishing juga berkomitmen untuk menegakkan hukum semaksimal mungkin kepada mereka yang terbukti melakukan IUU fishing di laut Indonesia. Satgas 115 juga menjalin kerja sama dengan negara-negara lain untuk mengamankan laut Indonesia dari kejahatan kelautan.

"Yang dihukum belum mastermind-nya. Kita menduga transnational organize crime atau kejahatan transnasional maka dibutuhkan kerja sama negara-negara yang diduga negara tersebut," kata Achmad.

Saat ini Satgas 115 menetapkan dua kategori terhadap kapal-kapal yang dicurigai melakukan IUU fishing. Hak ini dilakukan agar laut Indonesia bersih dari kapal eks asing.

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Ciri-ciri Kalau Kamu Diikuti Makhluk Halus

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.