Ilmuwan Pertanyakan Kemampuan Spider-Man Memanjat Dinding

Ilmuwan Pertanyakan Kemampuan Spider-Man Memanjat Dinding

Sabtu, 23 Jan 2016 | 07:30 | kontri
WinNetNews.com - Keahlian Spider-Man dalam memanjat dinding boleh jadi tidak akan bisa terjadi di dunia nyata. Inilah yang disimpulkan dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. David Labonte dari Departemen Ilmu Hewan Universitas Cambridge. 

Hasil penelitian itu menyatakan bahwa daya tempel permukaan kaki pada hewan, seperti laba-laba, semut, katak pohon, hingga cicak ternyata berbanding lurus dengan ukuran tubuhnya. Maka dari itu, dibutuhkan permukaan kaki yang lebih besar jika hewan tersebut juga bertambah besar.

Karenanya, hal tersebut menjadi tidak mungkin jika dilakukan untuk makhluk hidup sebesar manusia. Kecuali dia mempunyai permukaan kaki yang lebih lebar dari ukuran normal. Dengan kata lain, penelitian ini memberi petunjuk jelas bahwa aksi memanjat dinding yang dilakukan Spider-Man tidak mungkin terjadi.

Dr. David Labonte dan tim penelitinya menjelaskan bahwa aksi Spider-Man yang sering memanjat gedung-gedung pencakar langit membuat sang superhero setidaknya membutuhkan luas tangan dan kaki sebanyak 40 persen dari luas tubuhnya.

Artinya, Spider-Man harus mempunyai kaki dengan ukuran sepatu kurang lebih 145 untuk standar Eropa atau sekitar 114 untuk standar Amerika Serikat.

“Pada hewan, seiring bertambah besarnya ukuran seekor hewan, luas permukaan tubuh dan volumenya berkurang. Seekor semut mempunyai permukan tubuh yang banyak, tetapi volumenya sangat kecil,” jelas David.

Ia melanjutkan, “Akan menjadi masalah bagi hewan pemanjat dengan tubuh yang lebih besar. Saat mereka bertambah besar dan berat, mereka membutuhkan kaki dan tangan yang juga lebih besar atau ukuran kaki dan tangan yang tetap, tetapi memiliki daya lekat lebih besar."

Dalam penelitiannya itu, Dr. David Labonte juga menemukan fakta baru bahwa hewan-hewan yang bertambah besar tak selalu juga mampu menambah besar ukuran luas penampang kakinya. Akan tetapi, hewan-hewan ini melalui beberapa tahapan evolusi sehingga menjadikan mereka memiliki kemampuan daya lekat kaki yang lebih besar dari sebelumnya.

Jadi, mungkinkah kaki dan tangan Spider-Man menempel di dinding sehingga melancarkannya dalam memanjat? Ayo berpendapat di kolom komentar.

(dilansir dari Muvila)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...