Imam Nahrawi: Demi Allah, Saya Tidak Menerima Suap
Foto: Kompas.com

Imam Nahrawi: Demi Allah, Saya Tidak Menerima Suap

Selasa, 30 Jun 2020 | 08:47 | Anggara Putra Utama

Winnetnews.com -  Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi resmi dijatuhi vonis hukuman 7 tahun penjara. Dalam pembacaan putusan, Imam menyatakandirinya bersedia membongkar alur suap dana hibah KNI yang belum diungkap.

 Mantan Menpora Imam Nahrawi berkata dirinya akan membongkar alur suap Rp 11,5 miliar dari KONI.

“Kami mohon izin untuk melanjutkan pengusutan aliran dana 11,5 dari KONI kepada pihak-pihak yang nyatanya tertera di BAP, yang tidak diungkap di forum ini,” kata Imam, Senin, (29/6).

Ketika dijatuhi vonis 7 tahun penjara oleh Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi, ia kembali menegaskan dirinya tidak menerima aliran dana yang dituduhkan.

 ”Demi Allah, Demi Rasullulah saya tidak menerima 11,5 miliar itu,” tegasnya.

Dalam pemutusan vonis, hakim mempertimbangkan hal yang memberatkan Imam adalah tidak mendukung pemerintah dalam program pemberantasan korupsi. Sebagai kepala dalam suatu kementerian, Imam dinilai sepatutnya menjadi panutan. Sedangkan selama persidangan ia justru berusaha menutupi perbuatannya dan tidak mengakuinya. 

Namun, hakim juga mempertimbangkan hal yang meringankan untuk Imam. Ia dinilai dapat bersikap sopan selama persidangan, serta berstatus kepala keluarga dan memiliki anak-anak yang masih kecil. Selain itu, Imam juga belum pernah menjalani hukum pidana.

Sebelumnya, Mantan Menpora Imam Nahrawi dijatuhi vonis 7 tahun penjara oleh Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi. Selain penjara, Imam juga dijatuhi hukuman denda  sebesar Rp400 juta subsidair 3 bulan kurungan.

Vonis yang diterima Imam tersebut lebih rendah dari yang diajukan Jaksa Penuntut Umum KPK, yakni 10 tahun penjara.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...