Imbas Pernyataan Simu Liu, 'Shang-Chi' Terancam Diboikot di China
Foto: GettyImages

Imbas Pernyataan Simu Liu, 'Shang-Chi' Terancam Diboikot di China

Senin, 13 Sep 2021 | 08:24 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Nama Simu Liu saat ini memang sedang bersinar, karena film ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’ mendapat review positif. Apalagi dia memerankan karakter superhero pertama dari Asia.

Baru-baru ini, namanya menjadi topik perbincangan hangat di media sosial China, Weibo. Bukan karena aktingnya yang bagus, Simu Liu menjadi sorotan ketika video wawancara yang dilakukannya pada 2017 viral di internet.

Dalam wawancara di program ‘What’s Your Story?’, Simu Liu menggambarkan negara yang ditinggalkan oleh orang tuanya, dengan istilah yang kurang bagus. Melansir CNN, video tersebut awalnya dipublikasi oleh penyiar publik CBC Kanada, tapi saat ini sudah dihapus.

Dalam potongan wawancara, aktor berusia 32 tahun itu menyebut China sebagai “dunia ketiga” dan banyak warganya yang kelaparan. Hal tersebut juga dikaitkan dengan keputusan orang tua Simu Liu untuk pindah ke Kanada.

Cuplikan interview yang viral itu, memicu reaksi dari warganet China di platform Weibo.

“Apaakh ini keunggulan orang China ‘kelas tinggi’?” tulis seorang warganet dengan menggunakan istilah sarkastis yang mengacu pada orang-orang China yang meninggalkan negara itu untuk belajar atau tinggal di luar negeri.

Pengguna Weibo lainnya bahkan mengancam akan mealporkan atau memboikot ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’ jika rilis di China.

Simu Liu lahir di Harbin, China dan ia pindah ke Kanada saat berusia lima tahun. Sebelumnya, dia tinggal bersama kakek dan neneknya di Negeri Tirai Bambu tersebut.

‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’ yang sukses di box office Amerika Utara dalam pekan debutnya, samapi saat ini belum mendapatkan izin dari lembaga sensor China untuk melakukan perilisan di sana.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...