Imbau Aksi di MK, Polisi: Tanpa Surat Pemberitahuan, Aksi Boleh Dibubarkan

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Imbau Aksi di MK, Polisi: Tanpa Surat Pemberitahuan, Aksi Boleh Dibubarkan

Winnetnews.com - Polri meminta agar pihak-pihak tertentu tidak melakukan aksi massa pada tanggal 26-29 Juni 2019 mendatang di MK. Menurut Polri, aksi massa dapat dibubarkan jika tidak memiliki surat pemberitahuan terlebih dahulu.

“Ya, Polda Metro tentunya akan menyampaikan kepada korlap (koordinator lapangan) untuk tidak melaksanakan giat di depan MK, karena dapat mengganggu jalannya persidangan atau tahapan MK,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyaralat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, Selasa (25/6/19).

“Apabila tidak mengindahkan, maka sesuai Pasal 15 UU Nomor 9 Tahun 1998, aparat kan dapat membubarkan, karena Polda Metro sudah mempersiapkan dan fasilitasi tempat di sekitar patung kuda,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini belum menerima suart pemberitahuan mengenai adanya aksi massa. Dedi menyatakan, bila pada tanggal 26-29 Juni 2019 mendatang, pihak panitia tidak memiliki surat tanda terima pemberitahuan (STTP), makan pihak kepolisian memilki wewenang untuk memburkan aksi tersebut.

“Sampai dengan pagi ini, Polda Metro belum menerima surat pemberitahuan untuk giat tersebut. Ya, kalau belum menerima surat pemberitahuan, maka korlapnya akan dicek dulu, dan kalau tidak mengantongi STTP, ya dapat dibubarkan oleh petugas,” ungkapnya.

Apa Reaksi Kamu?