Impelementasi Sumpah Pemuda, Ini 3 Menteri Muda di Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Ilustrasi milenial. [Foto: Kompas.com]

Impelementasi Sumpah Pemuda, Ini 3 Menteri Muda di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Senin, 28 Okt 2019 | 14:42 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Banyak generasi milenial yang belum memahami betapa sakralnya makna sumpah Pemuda yang sudah digaungkan sejak 91 tahun silam. Kala itu, Jong Java, Jong Ambon, Jong Sumatera, Jong Papua, dan beberapa tokoh pemuda daerah lainnya berada dalam Kongres Pemuda II pada 1928.

Kongres Pemuda sempat digelar sebanyak dua kali. Kongres Pemuda I digelar pada tahun 1926 di Batavia. Kongres ini menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya. Dalam Kongres Pemuda I ini juga disepakati untuk melanjutkan Kongres Pemuda II.

Seluruh pemuda asli daerah di Indonesia kembali menggelar Kongres Pemuda II yang dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Di Kongres Pemuda II ini merupakan momen sakral dan penting bagi bangsa Indonesia karena Sumpah Pemuda lahir dari Kongres Pemuda II.

image0
Foto: RMOLBanten]

Jika melihat dari perspektif Indonesia saat ini, banyak generasi pemuda yang kini disebut milenial yang belum memahami dengan sungguh makna Sumpah Pemuda yang sudah 91 tahun bergema. Misalnya, praktik prostitusi merajalela, tawuran antar pelajar yang bahkan timbul korban jiwa, hingga narkoba yang merusak generasi penerus bangsa.

Namun, dari perspektif kemajuannya, banyak pemuda yang sudah berani menunjukkan ‘taringnya’ dalam membangun bangsa Indonesia. Seperti menjadi partisipan politik di ajang pesta demokrasi Pileg 2019 serta berkontribusi dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah pimpinnan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Joko Widodo – Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

Berikut ini para pemuda yang dirasa mampu berkontribusi membangun bangsa Indonesia yang ditunjuk Presiden Jokowi masuk ke Kabinet Indonesia Maju.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...